Satu Islam Untuk Semua

Friday, 11 August 2017

Ketum MUI: Tugas Santri Jaga Bangsa dari Kelompok Intoleran dan Radikal


Ketum MUI Tugas Santri Jaga Bangsa dari Kelompok Intoleran dan Radikal

islamindonesia.id – Ketum MUI: Tugas Santri Jaga Bangsa dari Kelompok Intoleran dan Radikal

 

Menyoroti peran penting kaum santri dan pesantren dalam pembangunan di Indonesia, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin berpesan agar para santri dapat bertugas untuk menjaga bangsa dari kelompok radikal.

“Santri tugasnya menjaga bangsa dan negara dari kelompok radikal, kelompok intoleran. Ini membahayakan bangsa dan negara,” kata Ma’ruf dalam acara launching Hari Santri Nasional 2017 di Kantor PBNU, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Kamis (10/8/2017).

Ma’ruf mengatakan, santri berperan dalam penguatan program ekonomi rakyat. Selain itu, Ma’ruf juga menyoroti fungsi pesantren tak hanya menjadi tempat menuntut ilmu tapi juga sebagai pusat ekonomi umat Islam.

“Pembangunan sekarang harus dari bawah, dari umat. Pusat pembangunan harus ada di pesantren. Karena itu pesantren harus jadi pusat ekonomi umat,” terang Ma’ruf.

Kemudian, Ma’ruf ingin pesanten tidak hanya menyiapkan orang-orang yang pintar dalam hal agama saja. Dia berharap pesantren juga bisa ikut mengikis kesenjangan sosial yang ada di masyarakat.

“Pesantren harus tidak saja menyiapkan orang paham agama, tapi menyiapkan juga pengawal bangsa negara dan tenaga yang bisa memberdayakan ekonomi umat. Agar kesenjangan bisa terkikis dan kecemburuan sosial kita hilangkan,” pungkasnya.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *