Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 17 August 2017

Ketum MUI: Jaga Negara dari Bahaya Separatisme dan Radikalisme


Ketum MUI Jaga Negara dari Bahaya Separatisme dan Radikalisme

islamindonesia.id – Ketum MUI: Jaga Negara dari Bahaya Separatisme dan Radikalisme

 

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Maruf Amin mengingatkan agar negara ini harus dijaga dengan landasan kerukunan antar umat beragama. Menurut Maruf, kerukunan itu menjadi landasan utama dalam menjaga keutuhan bangsa.

“Negara kita adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), juga final. Oleh karena itu negara ini harus kita jaga dari berbagai elemen yang akan merusak, yang akan mengganti Dasar Negara dengan yang lain, apa itu agama atau dasar yang lain,” kata Maruf saat menghadiri acara 171717 di Mabes TNI di Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (17/8/2017).

Maruf menyebut kelompok radikal harus diwaspadai. Sebab, kelompok-kelompok itu ingin memisahkan diri dari NKRI.

“Dan kita harus menjaga dari kelompok radikal, dan kita harus menjaga negara ini dari upaya pemisahan diri atau separatisme yang mungkin terjadi,” sebut Maruf.

Dia lalu menyinggung soal kerukunan antar umat beragama. Menurutnya, negara harus dijaga dari kelompok-kelompok yang intoleran.

“Karena itu kerukunan umat beragama harus jadi landasan utama dalam mempersatukan menjaga keutuhan bangsa ini. Karenanya kita harus menjaga negara ini dari kelompok-kelompok yang tidak toleran atau intoleran dari mana saja. Karena kelompok intoleran inilah yang akan merusak kerukunan. Kelompok intoleran, jangankan pada agama lain, agama sendiri saja kecuali dirinya, kecuali golongannya, dia akan mengatakan dia sesat, dia kafir,” kata Maruf.

Acara 171717 tersebut merupakan gagasan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo yang turut hadir. Kegiatan itu merupakan doa bersama TNI dan masyarakat untuk semua agama pada 17 Agustus 2017 pukul 17.00 selama 1 jam di seluruh pangkalan TNI.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *