Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 02 August 2017

Ketum MUI Harap Dzikir Kebangsaan di Istana Digelar Tiap Tahun  


islamindonesia.id – Ketum MUI Harap Dzikir Kebangsaan di Istana Digelar Tiap Tahun

 

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin mengharapkan Dzikir Kebangsaan rutin diselenggarakan pemerintah di Istana Kepresidenan setiap Agustus. Acara zikir ini adalah bentuk rasa syukur atas kemerdekaan Indonesia dan dasar negara Pancasila yang memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Ini memang yang pertama kali dan mudah-mudahan akan terus dilakukan setiap Agustus mengawali peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 1945,” katanya saat memberikan sambutan dalam acara Dzikir Kebangsaan di halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (1/8/2017) malam.

Dalam acara tersebut, Ma’ruf juga mendoakan agar bangsa Indonesia diberikan pertolongan dan perlindungan dari Allah. Selain upaya fisik yang dilakukan untuk mencapai kemajuan dan memelihara persatuan dan kesatuan.

“Bangsa ini telah memperoleh berkat dan rahmat Allah SWT ketika kita berjuang dalam upaya memerdekakan bangsa ini. Karena itu, dalam Pembukaan UUD 1945, para pendiri bangsa mengatakan kemerdekaan adalah berkat rahmat Allah SWT,” ujarnya.

Acara ini dihadiri Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama beberapa ulama pimpinan pondok pesantren, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Dzikir Kebangsaan diselenggarakan Kementerian Sekretariat Negara pada awal Agustus sebagai pembukaan perayaan Bulan Kemerdekaan 2017 untuk merayakan 72 tahun kemerdekaan Indonesia. Selanjutnya, pemerintah bersama Badan Ekonomi Kreatif menyelenggarakan Pameran Lukisan Senandung Ibu Pertiwi di Galeri Nasional Indonesia pada 2-30 Agustus 2017 dengan menampilkan 48 lukisan Istana Kepresidenan yang bernilai tinggi.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *