Satu Islam Untuk Semua

Friday, 09 August 2019

Ketum Muhammadiyah: NKRI Sudah Lama Bersyariah


islamindonesia.id-Ketum Muhammadiyah: NKRI Sudah Lama Bersyariah

Menurut Ketua Umum Muhammadiyah, Haedar Nasir, konsep Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak bertentangan dengan syariat Islam. Justru, dalam Pancasila misalnya, telah terkandung tujuan-tujuan syariat Islam sehingga NKRI tak perlu dihadapkan dengan istilah baru seperti ‘NKRI Bersyariah’.

“NKRI itukan sudah lama bersyariah. Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan adil beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin hikmah kebijaksanaan permusyawaratan perwakilan, dan keadilan sosial,” katanya di Yogyakarta, 8 Agustus, seperti dilansir detik.com.

Dengan demikian, jika seorang mengamalkan butir-butir Pancasila sejatinya juga telah menjalankan syariat Islam. “Praktikkan saja Pancasila, insya Allah baik syariat Islam maupun syariat agama lain itu akan tercakup di dalamnya,” katanya.

Penulis buku Islam Syariat ini meminta agar muslimin Indonesia tidak terus dihadapkan dengan persoalan istilah. Masalah ini justru bisa saja menjauhkan NKRI dari jiwanya. “Karena hanya berpikir soal nama, soal atribut, soal cangkang, soal kulit,” ujarnya.

ys/islamindonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *