Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 05 April 2017

Ketua OJK Sayangkan Aset Keuangan Syariah Indonesia Urutan 9 dari 10  Negara


Ketua OJK Sayangkan Aset Keuangan Syariah Indonesia Urutan 9 dari 10  Negara

islamindonesia.id – Ketua OJK Sayangkan Aset Keuangan Syariah Indonesia Urutan 9 dari 10  Negara

 

Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Muliaman D Hadad, heran dengan posisi aset keuangan syariah Indonesia yang menduduki peringkat ke-9. Padahal, Indonesia merupakan negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia.

“Indonesia dengan Muslim terbesar, yang nomor satu, (tapi) nomor 9 dari 10 (besar untuk aset keuangan syariah),” kata Muliaman dalam acara ‘Peluncuran Forum CEO SIKOMPAK Syariah’ di Jakarta, Senin (3/4/2017).

Menurut Muliaman, kajian ‘State Global Islamic Economic 2016’ menyebutkan aset keuangan syariah global mencapai US$2 Triliun atau setara Rp 26.642 Triliun pada 2016. Jumlah ini diprediksi meningkat hingga menyentuh angka US$3 Triliun atau setara Rp 39.963 Triliun pada 2021.

Semestinya, tambah dia, Indonesia menduduki peringkat pertama untuk sisi aset. “Mestinya, penduduknya nomor satu, asetnya juga nomor satu,” ujar Muliaman.

Dia mengatakan, Indonesia memiliki potensi sebagai negara pemimpin baru di keuangan syariah atau emerging economic leader. Indonesia dapat berdiri setara dengan negara-negara pemimpin keuangan syariah dunia, seperti Bahrain, Qatar, dan Uni Emirat Arab.

“Semoga titel ini menambah semangat kita dan harus menjadi kerja keras untuk meningkatkan aset keuangan syariah,” kata dia.

Menurut data OJK per Januari 2017, aset perbankan syariah menembus angka Rp 353,5 Triliun dan pangsa pasarnya 5,18 persen. Sedangkan pangsa pasar reksa dana syariah mencapai 4,43 persen dan sukuk korporasi 3,83 persen.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *