Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 11 December 2013

Ketua MUI Kabupaten Bogor Jadi Narasumber Seminar di Jerman


Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor Dr KH Ahmad Mukri Ajie MA, MH, akan menjadi narasumber sebuah seminar yang diselenggarakan di Frankfurt University Jerman dengan tema Komunikasi Interaktif antara Ulama dan Umara. 

”Mohon doanya, insya Allah sore ini saya akan berangkat meninggalkan Tanah Air menuju Jerman untuk menjadi nara sumber seminar di sana,” ungkap kyai Mukri Ajie dalam pesan singkatnya yang diterima Republika Kamis petang sesaat sebelum meninggalkan Tanah Air. 

Menurut Ahmad Mukri Ajie yang juga wakil Dekan Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta ini, undangan untuk menjadi nara sumber ditujukan kepada Ketua Umum MUI Kabupaten Bogor. 

”Undangan utamanya ditujukan kepada Ketua Umum MUI Kabupaten Bogor, tetapi kemudian connecting dengan UIN. Karena di sana ada nilai akademisnya. Sehingga, saya diizinkan oleh pimpinan fakultas, pimpinan UIN dan Menteri Agama serta Mensesneg atas nama Presiden.” 

Menurut Kyai Mukri, pihak Frankfurt University merasa kagum dengan terobosan yang dilakukan Bupati Bogor Drs Rakhmat Yasin MSc yang bersinergi dengan MUI kabupaten Bogor. Terutama terobosan Bupati Bogor yang melaunching Supremasi Ulama yang menjadikan MUI sebagai unsur Muspida. 

”Selain itu, mereka melihat langsung perkuliahan Pendidikan Kader Ulama (PKU) yang digagas MUI Kabupaten Bogor dengan 42 mata kuliah antara lain: Antiterorisme dan radikalisme, Antikorupsi, Sosiologi Modern serta antropologi. Juga menghadirkan beberapa professor dari Universitas Al Azhar,” jelasnya. 

Selama ini, sambung kyai Mukri, selain mengadakan Pendidikan Kader Ulama (PKU), MUI Kabupaten Bogor juga aktif menjalankan lembaga ekonomi dan koperasi syariah, mengadakan Radio Suara Ulama FM 96.10 dan sedang dibangun TV MUI Suma kabupaten Bogor.   

Undangan serupa, sambung kyai Mukri, datang dari berbagai perguruan tinggi di Amerika Serikat dan Jepang. ”Insya Allah, Feburari tahun depan undangan serupa datang dari Texas University dan Kyoto Univesity Jepang.” 

Selain menghadiri seminar, ungkap kyai Mukri lebih lanjut, dirinya juga akan menyampaikan khutbah Jumat di Masjid Al Hikmah Denhaaq. ”Saya juga insya Allah akan memberikan taushiyah di sebuah komunitas pengajian di Paris, Prancis,” ungkapnya penuh syukur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *