Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 30 April 2017

Ketua MPR: Mau Indonesia Maju, Terapkan Pancasila dalam Perilaku


islamindonesia.id – Ketua MPR: Mau Indonesia Maju, Terapkan Pancasila dalam Perilaku

 

Indonesia menjadi negeri yang sangat indah karena diwarisi Pancasila oleh para pendiri bangsa. Namun Ketua MPR Zulkifli Hasan menilai, sebagian masyarakat Indonesia kini meninggalkan Pancasila.

“Kalau seluruh rakyat Indonesia mau memegang Pancasila, niscaya Indonesia akan menjadi negara maju. Sayangnya saat ini justru kebanyakan kita malah meninggalkan Pancasila,” ujar Zulkifli, dalam keterangan tertulis, Sabtu (29/4/2017).

Zulkifli mengatakan itu di hadapan peserta apel Barisan Patriot Bela Negara di alun-alun Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Zulkifli menambahkan, kalau bangsa Indonesia memegang teguh Pancasila, maka negara akan aman dan damai. Karena Pancasila mengandung nilai-nilai luhur yang digali dari bumi Indonesia sendiri.

“Kalau kita bersengketa, Pancasila mengajarkan musyawarah untuk mufakat. Kalau ada rakyat kesusahan, sakit, kelaparan atau tidak bisa sekolah Pancasila mengamanahkan keadilan sosial,” kata Ketua Umum PAN ini.

Pancasila juga mengamanahkan pentingnya keadilan sosial untuk semua dalam menghadapi kesenjangan sosial ekonomi. Pancasila memiliki jawabannya di sila ke 5 yakni Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Karena itu, Zulkifli mengajak seluruh elemen bangsa untuk kembali pada Pancasila dan mengimplementasikan dalam perilaku sehari-hari.

“Kalau mau maju, mari jadikan Pancasila sebagai perilaku. Baik perilaku berbangsa, maupun perilaku sosial kita dalam kehidupan sehari-hari. Insya Allah Indonesia akan unggul di antara bangsa-bangsa,” tutup Zulkifli.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *