Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 14 September 2017

Ketua MPR: Jaga Identitas Budaya Lokal di Tengah Modernisasi Global  


islamindonesia.id – Ketua MPR: Jaga Identitas Budaya Lokal di Tengah Modernisasi Global

 

Ketua MPR Zulkifli Hasan mengagumi Keraton Kanoman Kasultanan Cirebon, Jawa Barat saat berkunjung ke sana. Dia pun mengajak masyarakat melestarikan budaya.

“Saya mengajak siapa pun mulai dari pemerintah, masyarakat, seluruh warga ayo kita jaga kebudayaan daerah. Inilah identitas kebangsaan yang tak boleh pudar,” kata Zulkifli.

Zulkifli mengatakan itu saat berkunjung ke Keraton Kanoman Kasultanan Cirebon dan disambut langsung oleh Sultan Raja Muhammad Emirudin sebagai pimpinan tertinggi.

“Luar biasa, satu kehormatan buat saya diterima paduka Raja Keraton Kanoman Cirebon. Saya kagum keratonnya masih sangat terawat, budayanya juga masih terjaga dan dilestarikan,” ujarnya.

Diungkapkan Zulkifli, budaya daerah seperti keraton dan tarian adat Cirebon serta daerah-daerah lainnya di Indonesia harus dijaga, dilestarikan dan dikembangkan. Sebab, budaya daerah adalah asal mula dan sumber budaya nasional.

Lebih jauh Zulkifli menjelaskan bahwa kemerdekaan bisa dirah bangsa Indonesia salah satu faktor utamanya adalah karena peran, kiprah dan pengorbanan kerajaan-kerajaan dan kesultanan di berbagai daerah dahulu. Bahkan raja-raja rela menyerahkan aset-aset kerajaannya demi terwujudnya kemerdekaan Indonesia.

“Itu sebuah pengorbanan yang sangat besar,” ungkapnya.

Setelah Indonesia merdeka, lanjut Zulkifli, peran kerajaan-kerajaan Indonesia juga luar biasa. Mereka aktif melestarikan budaya di tengah modernisasi global.

“Sekarang tugas kita menjaga identitas kebangsaan agar tidak tergerus penetrasi identitas bangsa lain yang masuk ke Indonesia,” tutup Zulkifli.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *