Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 16 May 2015

KESEHATAN – Dongkrak Daya Ingat dengan Diet ala Mediterania


v23Mediterranean-diet

Diet bukan soal membatasi makanan tertentu dari bersemayam di perut. Sebab bila salah atau berlebih, diet  justru bakal mengganjal kerja optimal organ tubuh. Lantas bagaimana? 

Kuncinya, kata ahli gizi, pada menjaga pola makanan dan memilih asupan terbaik untuk tubuh. Nah, dari banyak pilihan dan cara, kalangan ahli menganjurkan diet Mediterania.

Terdiri dari kacang-kacangan, sayur, minyak zaitun dan makanan kaya protein lainnya, menu diet ala Mediterania ini berkhasiat menjaga tubuh tetap bugar dan bahkan dapat meningkatkan daya kerja otak, fungsi kognitif dan mencegah kepikunan.

“Penelitian menyatakan bahwa diet Mediterania, yang minim makanan hewani seperti daging dan mentega dan kaya sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian, ketika ditambah dengan minyak zaitun atau kacang akan  memberikan fungsi kognitif yang lebih baik,” kata ahli gizi di Universitas New York, Samantha Heller, seperti dilansir The Independent belum lama ini.

Pendapat itu merujuk pada sebuah penelitian dampak diet Mediteranian pada 300 orang lebih manula yang kegemukan dan terancam serangan jantung dan penyakit pembulih darah di Barcelona, Spanyol.

Dari empat tahun penelitian kalangan dokter menemukan penurunan daya ingat yang drastis pada responden yang hanya mengkonsumsi makanan rendah lemak. Sebaliknya, mereka yang konsisten dengan diet ala Mediterania mengalami peningkatan yang signifikan dalam daya ingat dan fungsi kognitif. 

Tertarik mencoba?

(Ami/The Independent)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *