Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 30 June 2015

KESEHATAN – 5 Sayuran Pendongkrak Kekebalan Tubuh Anak


gizi-anak-130619b

Lima tahun pertama adalah periode penting bagi tumbuh kembang anak. Di usia ini, orang tua perlu mengoptimalkan kondisi fisik dan mental anak agar siap kala dewasa kelak .

Di masa ini pula, daya tahan tubuh anak rentan terkena penyakit. Kurangnya anak mengkonsumsi buah dan sayur diantara sebab utamanya.

Inilah lima sayuran yang mampu memperkuat imun tubuh balita, menurut buku ‘Agar Anak Ngga Gampang Sakit’ karya Dr. dr. Lestari Handayani dan Dra. Suharmiati:

1. Daun Katuk
Daun katuk kaya akan vitamin dan mineral yang penting untuk kekebalan tubuh. Daun katuk mengandung vitamin A, C, B1 zat besi, kalium, protein, dan fosfor. Disamping juga sterol, alkaloid dan asam seskuterna, ketiga zat tersebut mampu meningkatkan kekebalan tubuh anak.

2. Bayam
Kandungan vitamin dan mineral dalam bayam hampir serupa dengan daun katuk. Warna hijau daun bayam adalah tanda adanya klorofil yang dapat berfungsi sebagai antioksidan, antikanker, serta penunjang tumbuhnya sel darah merah dan putih.

3. Wortel
Wortel kaya akan karoten yang berfungsi sebagai antioksidan guna meningkatkan kekebalan tubuh balita. Wortel juga berfungsi untuk menjaga kesehatan mata.

4. Tomat
Tomat kaya akan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan. Dalam kulit tomat juga terdapat likopen yang terbukti efektif menurunkan resiko kanker prostat, lambung, tenggorokan dan usus besar.

5. Labu Siam
Labu siam banyak mengandung asam folat yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan sel otak. Juga banyak mengandung vitamin A, B6, C, K, kalium, magnesium, zat besi, dan mangan. Kandungan nutrisi dalam labu siam mampu meningkatkan daya tahan tubuh anak.

MA/Islamindonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *