Satu Islam Untuk Semua

Monday, 17 June 2019

Kesamaan Muslim Rusia dan Indonesia Menurut Dubes Lyudmila


islamindonesia.id-Kesamaan Muslim Rusia dan Indonesia Menurut Dubes Lyudmila

Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Georgievna Vorobieva menilai banyak kesamaan antara umat Islam di Rusia dan Indonesia. Penilaian itu ia ungkapkan setelah bertugas di Jakarta selama hampir dua tahuan.

“Banyak kesamaannya, tapi hal yang paling mirip adalah keduanya berhubungan harmonis dengan umat beragama lain,” katanya kepada video blog Bobol Boss, 13 Juni.

Menurut perempuan kelahiran 55 tahun silam ini, warga Rusia dari berbagai latar agama seperti di Indonesia, juga menginginkan kedamaian, kesejahtereaan, keseimbangan dalam kehidupan berwarga negara. “Di Rusia pun, seperti di Indonesia, kami beragam,” ujarnya.

Di Moskow saja, populasi muslim mencapai dua juta jiwa. Bahkan pada awal abad 21, Ibu Kota Rusia ini memiliki pemeluk Islam terbanyak seantero negeri Beruang Merah.

“Umat Islam tersebar di berbagai wilayah seperti Tatarstan, Chechnya, Dagestan,” ujarnya. Lyudmila tak lupa memperkenalkan seorang diplomat muslim di kantornya yang berasal dari Kazan, Rusia.

Karena itu, akulturasi budaya muslim dan agama lainnya telah lama terjadi di Rusia. Bahkan ada gereja yang dibangun menyerupai aksitektur masjid pada abad 16.

“Jika orang tidak mengetahui, ia akan mengira bangunan itu masjid,” katanya. Menurut Dubes, sejarah kebudayan Islam mempengaruhi banyak hal di Rusia.

YS/Islamindonesia. Foto: Indonesia.mid.ru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *