Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 24 June 2017

Keraton Yogya Tetapkan 1 Syawal Jatuh Pada Senin 26 Juni


islamindonesia.id – Keraton Yogya Tetapkan 1 Syawal Jatuh Pada Senin 26 Juni

 

Keraton Yogyakarta menetapkan 1 Syawal 1950 Je (tahun Jawa) jatuh pada Senin Pahing, Je, Wuku Manahil, atau 26 Juni 2017.  Penetapan 1 Syawal ini kemungkinan akan lebih cepat satu hari dari ketetapan pemerintah pusat yaitu pada hari Ahad, 25 Juni 2017.

“Perayaan Idul Fitri Keraton Yogyakarta sesuai penanggalan atau kalender keraton baru jatuh pada hari Senin 26 Juni 2017,” kata Kepala Humas Pemda DIY, Amiarsi Harwani, Sabtu, 24 Juni 2017 seperti dilansir viva.co.id.

Pada 1 Syawal 1950 Je tersebut, Keraton Yogyakarta akan menggelar upacara tradisi Garebeg Sawal, yakni keluarnya hajad dalem pareden atau gunungan dari Keraton Yogyakarta menuju halaman Masjid Gedhe dengan pengawalan prajurit Keraton Yogyakarta serta abdi dalem.

Sebelum tradisi Garebeg Sawal diselenggarakan, Keraton Yogyakarta mengadakan tradisi Numplak Wajik 23 Juni, dan selanjutnya acara Gladi Resik Bregada hari berikutnya.

info- jogja

foto : twitter @infojogja

Sebelum pelaksanaan garebeg, Sri Sultan juga akan mengirimkan utusannya ke Kagungan Dalem Dalem Kapangulon di sisi utara Masjid Gedhe untuk menyampaikan ‘pitrah dalem’ kepada abdi dalem.

Bersamaan dengan garebeg pada pukul 08.00 WIB, di Kagungan Dalem Bangsal Kencono akan diselenggarakan upacara ngabekten kakung yang diikuti abdi dalem kasultanan dan reh kaprajan (ASN yang juga menjadi abdi dalem) asipat (berpangkat) Riyo Bupati Anom ke atas.

Pada ngabekten yang berlangsung tertutup untuk pers ini akan hadir KGPAA Paku Alam X beserta kerabat kakung Puro Pakualaman, para Bupati/Wakil  Bupati, Wali Kota/Wakil Wali Kota pria (kakung) serta pejabat lainnya.

Sedangkan ngabekten putri akan diselenggarakan sehari berikutnya yang akan diikuti GKR Hemas beserta para putri dan abdi dalem putri, termasuk Bupati Gunungkidul, Badingah dan Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *