Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 19 November 2020

Kepolisian Selandia Baru Mengesahkan Jilbab sebagai Seragam Resmi


islamindonesia.id – Kepolisian Selandia Baru Mengesahkan Jilbab sebagai Seragam Resmi

Kepolisian Selandia Baru telah mengesahkan jilbab sebagai atribut seragam resmi mereka untuk mendorong lebih banyak wanita Muslim bergabung ke institusi mereka.

Zeena Ali adalah seorang wanita Muslim yang baru saja masuk kepolisian dan dia akan menjadi polisi pertama Selandia Baru yang mengenakan seragam resmi berjilbab.

Juru bicara kepolisian mengatakan bahwa mereka bertujuan untuk menciptakan pengabdian yang “inklusif” yang merefleksikan “komunitas beragam” di negara itu, sebagaimana dilaporkan oleh BBC News (18/11).

Sebelumnya, kesatuan polisi lain di dunia Barat, seperti Metropolitan Police di London dan Polisi Skotlandia juga pernah memberikan opsi pilihan bagi petugasnya yang ingin mengenakan seragam berjilbab.

Di Inggris, Metropolitan Police di London menyetujui penggunaan jilbab dalam seragam resmi mereka pada tahun 2006, dan pada tahun 2016 Polisi Skotlandia juga mengikuti langkah yang sama.

Sementara itu di Australia, Maha Sukkar dari Victoria Police menjadi polisi pertama yang mengenakan jilbab pada tahun 2004.

Kepolisian Selandia Baru mengatakan bahwa usaha untuk meresmikan jilbab untuk seragam resmi sudah dimulai sejak akhir 2018, sebagai tanggapan atas permintaan kepada staf kepolisian yang mengunjungi sekolah-sekolah menengah di sana.

Zeena Ali adalah anggota kepolisian pertama yang meminta penggunaan jilbab untuk seragamnya, dan dia dilibatkan untuk ambil bagian dalam proses pengembangan rencana ini.

Zeena Ali, yang lahir di Fiji dan pindah ke Selandia Baru saat kecil, mengatakan kepada New Zealand Herald bahwa dia memutuskan untuk bergabung dengan kepolisian setelah serangan teror di Christchurch.

“Saya menyadari lebih banyak wanita Muslim yang dibutuhkan di kepolisian, untuk pergi (bertugas) dan melayani orang-orang,” katanya kepada The National Daily.

“Senang rasanya bisa keluar dan menunjukkan jilbab Kepolisian Selandia Baru sebagai atribut dari seragam saya,” tambahnya. “Saya pikir dengan melihatnya, akan lebih banyak wanita Muslim yang ingin bergabung juga.”

PH/IslamIndonesia/Foto utama: Instagram/New Zealand Police/Sumber artikel: BBC News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *