Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 09 August 2018

Kemenangan Bersejarah Rashida Dirayakan Keluarganya di Palestina


Kemenangan Bersejarah Rashida Dirayakan Keluarganya di Palestina

islamindonesia.id – Kemenangan Bersejarah Rashida Dirayakan Keluarganya di Palestina

 

Rashida Tlaib yang mencetak sejarah sebagai wanita Muslim pertama di Kongres Amerika Serikat (AS), masih memiliki keluarga di Palestina. Keluarga Tlaib menggelar perayaan atas kemenangannya di halaman rumah mereka di Tepi Barat.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (9/8/2018), nenek, para bibi dan paman-paman Tlaib menyambut hangat para tetangga mereka di desa Beit Ur al-Fauqa, Tepi Barat. Mereka berbagi senyum dan pelukan saat merayakan kemenangan bersejarah Tlaib pada Rabu (8/8/2018) waktu setempat.

Perayaan digelar di halaman rumah satu lantai yang terbuat dari batu, yang berdiri di sebelah kumpulan pohon zaitun.

“Ini membuat kami bangga — sebagai keluarga Tlaib, warga Beit Ur, sebagai warga Palestina, sebagai Arab dan sebagai warga Muslim, bahwa seorang gadis sederhana mencapai posisi semacam itu,” ucap paman Tlaib, Bassam.

Tlaib yang berusia 42 tahun ini lahir dan besar di Detroit, AS. Dia merupakan anak sulung dari 14 bersaudara. Ibunda Tlaib merupakan seorang imigran asal Palestina, sedangkan ayahnya bekerja di sebuah pabrik milik Ford Motor Company di Detroit.

Pada tahun 2009-2014, Tlaib mencetak sejarah sebagai wanita Muslim pertama yang terpilih duduk di parlemen negara bagian Michigan. Tlaib yang seorang sarjana hukum ini juga pernah bekerja sebagai pengacara.

[Baca: Rashida Tlaib: Dari Imigran Palestina ke Muslimah Pertama di Kongres AS]

Dituturkan keluarganya bahwa Tlaib menggelar pernikahannya di Beit Ur al-Fauqa tahun 1997. Terakhir kali, Tlaib mengunjungi desa Beit Ur al-Fauqa tahun 2006.

Pada Selasa (7/8/2018) waktu setempat, Tlaib memenangkan pemilu pendahuluan Partai Demokrat di Detroit, setelah mengalahkan lima kandidat Partai Demokrat lainnya. Dengan tidak adanya kandidat Partai Republik atau kandidat partai lain yang menantangnya, maka Tlaib dipastikan akan menduduki kursi House of Representatives (HOR) di Kongres AS. Masa jabatan Tlaib selama 2 tahun akan dimulai pada Januari 2019.

Tlaib akan menggantikan John Conyers (89), politikus Demokrat yang mengundurkan diri dari Kongres AS setelah 52 tahun mengabdi. Conyers mundur di tengah tudingan pelecehan seksual yang menderanya.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *