Satu Islam Untuk Semua

Friday, 14 December 2018

Kemenag Sediakan Master Mushaf Alquran Gratis


islamindonesia.id – Kemenag Sediakan Master Mushaf Alquran Gratis

 

Kementerian Agama menyediakan master Alquran yang bisa diakses publik secara gratis sehingga mereka dapat mencetak kitab suci umat Islam yang terjamin keasliannya.

“Kami siapkan master Mushaf Alquran untuk publik secara cuma-cuma alias gratis. Masyarakat yang ingin mendapatkannya, bisa langsung mendatangi Kantor LPMQ di Bayt Alquran TMII,” kata Kepala Bidang Pentashihan Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran (LPMQ), Deni Hudaeny Ahmad Arifin, di Jakarta, Rabu (12/12), sebagaimana dilansir dari Antara.

Master mushaf Alquran itu adalah cetak biru berbentuk file naskah Alquran yang sudah siap cetak atau sudah ditashih.

Dia mengatakan LPMQ Balitbang Diklat Kemenag menyediakan master mushaf Alquran yang siap cetak. Master disiapkan bagi masyarakat yang ingin menerbitkan atau mencetak Mushaf Alquran.

“Ini menjadi bagian upaya LPMQ untuk meminimalisir kekeliruan dan menjamin kesahihan penerbitan mushaf. Master mushaf ini sudah diverifikasi oleh tim pentashih LPMQ,” ujarnya.

Menurut Deni, LPMQ terus meningkatkan kualitas layanan pentashihan dan pengawasan terhadap peredaran mushaf Alquran dari hulu hingga hilir.

Tanggung jawab tersebut, lanjutnya, cukup berat mengingat banyaknya penerbit yang mengajukan tashih dengan berbagai varian naskah mushaf.

“Berbeda dengan negara Islam lainnya, misalnya Arab Saudi, penerbitan mushaf Alquran di Indonesia lebih banyak variasi mushaf dan jumlah penerbitnya,” kata Deni, sebagaimana dilansir dari situs kemenag.go.id.

Oleh karena itu, Deni mengatakan LPMQ terus mengupayakan beberapa langkah konkret dalam rangka menjamin kesahihan mushaf yang beredar mulai dari peningkatan kualitas tenaga pentashih, proses layanan dengan sistem online hingga penyediaan secara gratis master siap cetak yang terjamin kesahihannya.

“Penyediaan master siap cetak menjadi salah satu langkah awal dari rangkaian proses pentashihan yang menjamin kesahihan penerbitan mushaf,” kata dia.

Deni mengatakan LPMQ membuka diri dan mengajak para penerbit untuk juga mewakafkan master mushafnya kepada LPMQ. Dengan demikian, master mushaf bisa dimanfaatkan oleh pihak lain secara cuma-cuma.

Kepada Forum Pelayan Aquran yang telah mewakafkan master mushafnya kepada umat melalui LPMQ, Deni menyampaikan apresiasi, “Semoga wakaf tersebut menjadi inspirasi bagi penerbit lainnya untuk berlomba dalam kebaikan dan khidmatul Quran.”

 

PH/IslamIndonesia

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *