Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 25 October 2018

Kelaparan Massal di Yaman, PBB: Saatnya Dunia Berdiri di Samping Mereka


mark pbb

islamindonesia.id – Kelaparan Massal di Yaman, PBB: Saatnya Dunia Berdiri di Samping Mereka

 

 

 

Sekitar 14 juta jiwa di Yaman atau setengah populasi dari negara tetangga Arab Saudi itu terancam kelaparan. Hal ini disampaikan oleh Wakil Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Urusan Kemanusiaan, Mark Lowcock.

“Kelaparan jarang terjadi dunia modern. Tapi fakta ini membuat situasi Yaman begitu mengejutkan,” kata Lowcock di depan pejabat Dewan Keamanan PBB seperti dilansir NBS News dan dikutip Harian Tempo, 25 Oktober. Ancaman kelaparan ini menandakan mereka kini sepenuhnya bergantung pada bantuan eksternal untuk bertahan hidup.

Koordinator PBB untuk Urusan Kemanusiaan di Yaman Lise Grande juga menyebut kondisi kemanusiaan di Yaman sebagai sebuah tragedi. Grande bilang, saatnya telah tiba bagi dunia untuk berdiri di samping rakyat Yaman dan mengungkapkan solidaritas kepada mereka.

Krisis kemanusiaan ini lahir sejak agresi militer yang dimpimpin Arab Saudi menyerang Yaman tiga tahun lalu. Agresi yang didukung oleh Uni Emirat Arab dan Amerika Serikat telah menyebabkan lebih daripada 14 ribu warga Yaman tewas dan puluhan ribu lainnya terluka.

Menurut Lowcock, situasi Yaman saat ini lebih buruk daripada tahun lalu atau bahkan dua bulan lalu.  Pada Agustus silam, PBB merilis, lebih daripada delapan juta warga Yaman mengalami kelaparan dan lebih daripada tujuh juta jiwa mengalami gizi buruk.

 

 

YS/Islamindonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *