Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 17 December 2013

Kehilangan Mandela juga Dirasakan Dalai Lama


Dalai Lama saat bertemu Nelson Mandela

Pujian seorang pemimpin Buddha kepada mendiang Nelson Mandela

 

Tak banyak yang tahu jika meninggalnya Nelson Mandela membuat pemimpin spiritual Tibet Dalai Lama begitu merasa kehilangan. Dalam suratnya kepada keluarga Nelson Mandela, pada Jumat (5/12), Dalai Lama menulis sesungguhnya ia dan dunia telah kehilangan seorang pemimpin besar, yang tabah dan bertekad gigih memainkan peran penting dalam mengamankan perdamaian dan rekonsiliasi selama masa transisi Afrika Selatan dari kekuasaan apartheid.

“Di bawah kepemimpinannya Afrika Selatan berubah melalui cara-cara damai, dalam semangat rekonsiliasi.” Demikian seperti yang diberitakan situs resmi Dalai Lama pada Jumat (6/12).

Secara pribadi, Dalai Lama juga menyebut akan kehilangan seorang teman, yang ia kagumi dan hormati. “Dia adalah orang yang memiliki keberanian, prinsip dan integritas yang tak diragukan lagi, manusia yang besar, seseorang yang kita dapat benar-benar katakan, “Dia hidup dalam kehidupan yang bermakna. “Saya berharap untuknya dan menyatakan bersimpati sepenuh hati kepada Anda, anggota keluarga Anda dan seluruh rakyat Afrika Selatan,” tulisnya

Dalai Lama menyatakan bahwa meskipun Nelson Mandela telah meninggal secara fisik, namun semangatnya akan terus ada. Ia menyatakan bahwa penghargaan terbaik yang dapat kita berikan kepadanya adalah untuk melakukan apapun yang kita bisa untuk berkontribusi menghormati kesatuan umat manusia dan bekerja untuk perdamaian dan rekonsiliasi seperti yang ia lakukan. (hj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *