Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 15 March 2018

Kawal Generasi Milenial, Kemenag akan Memodernisasi Sejumlah Madrasah


islamindonesia.id – Kawal Generasi Milenial, Kemenag akan Memodernisasi Sejumlah Madrasah

 

 

Sejumlah madrasah akan dimodernisasi oleh pemerintah agar memiliki daya saing yang kuat di antara sekolah-sekolah lainnya. Dalam rangka mengawal generasi muslim milienial agar berdaya saing tinggi, maka sekolah-sekolah agama harus ditingkatkan mutu dan fasilitasnya.

Demikian dikatakan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin, pada acara Rakornas Pendidikan Islam di Ancol, Jakarta.

Hal ini sebenarnya telah dilakukan Kemenag, namun tahun-tahun ini frekuensinya akan ditingkatkan. Sejumlah madrasah telah berhasil dinaikkan levelnya hingga menjadi sekolah favorit di daerahnya. Misalnya Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia yang tersebar di 20 kota di Indonesia, dan sejumlah MAN lain di berbagai kota.

“Madrasah-madrasah di Indonesia harus meneguhkan jatidirinya sebagai madrasan keagamaan, sains, atau vokasional agar mereka memiliki prioritas yang jelas,” terang Kamaruddin, Rabu (15/03).

“Perombakan madrasah menjadi pekerjaan Kementerian Agama secara berkesinambungan dan konsisten dilakukan agar menjangkau lebih banyak sekolah di berbagai pelosok negeri,” sambungnya.

Menurut Kamaruddin, peningkatan kualitas madrasah artinya harus melakukan perombakan pula dalam banyak hal. Misalnya meningkatkan tata kelola dan layanan, akuntabilitas program pendidikan Islam, peningkatan mutu, dan tata kelola guru maupun tenaga kependidikan.

Dari zaman dahulu masyarakat telah mempercayai madrasah dan pesantren sebagai pencetak generasi beragama. Namun dalam hal sains dan pengetahuan kontemporer lain, mereka masih banyak yang tertinggal.

Perombakan besar juga akan dilakukan terhadap pendidikan tinggi Islam. Maka dari itu Kemenag akan melakukan internasionalisasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam di Indonesia.

Tentang ini, Direktur Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Ditjen Pendidikan Islam Kemenag, Arskal Salim mengungkapkan, saat ini terdapat 763 perguruan tinggi Islam yang menjangkau 1 juta mahasiswa. Beberapa perguruan tinggi Islam telah dikembangkan menjadi universitas dan semakin memantapkan kualitasnya.

“Saat ini kami berupaya agar perguruan tinggi Islam di Indonesia menjadi rujukan ilmu keislaman dunia,” katanya

 

 

 

 

 

 

YS/Islamindonesia/Sumber: Kemenag.go.ig

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *