Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 26 January 2019

Kata Quraish Shihab Tentang Pemimpin yang Baik


islamindonesia.id – Kata Quraish Shihab Tentang Pemimpin yang Baik

 

 

Pemimpin adalah cermin bagi masyarakat. Jika masyarakat baik, maka akan lahir pemimpin yang baik. Demikian sebaliknya.

Rasulullah Saw juga pernah menggambarkan relasi ini dengan bersabda, “Sebagaimana keadaan kalian, begitulah pemimpin kalian.” Dalam konteks ini, mufasir Quraish Shihab menjelaskan, masyarakat yang baik akan memilih pemimpin yang baik pula.

Atas dasar ini, kata Quraish Shihab, pemimpin itu bertugas mewujudkan kehendak masyarakat. “Itu sebabnya pemimpin suatu masyarakat atau negara disebut amir dalam bahasa Arab,” kata penulis Tafsir Al Misbah ini dalam kanal Youtube Najwa Shihab.

Amir berarti yang diperintah dan yang memerintah. Setelah menampung aspirasi masyarakatnya, pemimpin diperintahkan untuk mewujudkannya. Dalam proses mewujudkannya, pemimpin membimbing dan memerintahkan masyarakatnya untuk mengikuti langkah-langkahnya.

Mengutip kata Sayidina Ali bin Abi Thalib, Alumnus Al Azhar Mesir ini bilang, pemimpin yang baik adalah seorang yang sebelum menjadi pemimpin, ia telah membaur dengan masyarakatnya seakan-akan dia lah pemimpinnya. Ketika menjadi pemimpin, dia membaur dengan masyarkatnya seakan-akan dia bukan pemimpinnya.

“Dengan pembauran itu, ia dapat meresap aspirasi masyarakat dan berusaha meyakinkan mereka mengikuti bimbingannya,” katanya. “Inilah adalah pemimpin yang baik.”

 

 

 

 

YS/Islamindonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *