Satu Islam Untuk Semua

Monday, 15 July 2013

Kanselir Merkel Serukan Pembebasan Mursi


Kanselir Jerman Angela Merkel pada Ahad menyerukan pembebasan mantan presiden Mesir Mohamed Mursi, yang ditangkap pada 3 Juli setelah digulingkan oleh angkatan bersenjata.

Markel mengatakan setuju dengan pernyataan Menteri Luar Negeri Guido Westerwelle pada Jumat yang menyebutkan Mursi seharusnya dibebaskan dan menyerukan proses (politik) inklusif yang melibatkan semua kelompok di Mesir, katanya kepada televisi ARD.

“Semuanya harus dilakukan untuk menemukan jalan bersama di Mesir,” katanya.

Presiden pertama Mesir hasil pemilu digulingkan dalam kudeta militer pada 3 Juli lalu setelah jutaan orang memenuhi jalanan meminta Mursi mundur.

Sejak saat itu, gerakan Ikhwanul Muslimim melakukan demonstrasi menentang penggulingan, mendesak sebuah “perlawanan” setelah mennganggap tentara dan polisi “membantai” pendukungnya pada hari Senin yang menewaskan 51 orang.

Westerwelle pada Jumat mendesak Moursi dibebaskan dan menuntut “institusi netral” diberikan akses kepadanya. Amerika Serikat juga menyerukan agar Moursi dibebaskan dan mengutuk gelombang penangkapan secara sewenang-wenang anggota Ikhwanul Muslimin

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *