Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 30 August 2015

Kampanye ‘Buy Pens’ Galang Dana untuk Pengungsi Suriah


55e1047bc36188747a8b45ca

Sebuah penggalangan dana online berhasil mengumpulkan sedikitnya $100.000, atau setara dengan Rp 1,4 miliar, setelah foto seorang pengungsi Suriah yang bertahan hidup dengan menjual pena biru di jalanan Beirut, Lebanon, tersebar di media sosial. dan menggugah banyak kalangan

Awalnya, pendiri Conflict News, Gissur Simonarson, yang menyebar foto Abdul Halim Attar berjualan pena di jalanan pada Selasa pekan lalu. Foto itu memperlihatkan Attar berjalan di tengah keramaian, menjajakan pena biru sambil menggendong seorang putri yang terlelap di bahunya.

Tak disangka, banyak yang tergugah dan menawarkan diri membantu. 

Simonarsan lantas berhubungan dengan aktivis lokal tempat dimana Attar menjual pena, dan kemudian meluncurkan kampanye dinasi via twitter dengan akun @Buy_pens

“Dalam waktu 30 menit, saya menunjuk seseorang yang tinggal dimana ia biasanya menjual pena” kata Simonarson pada The Star.

Target awal penggalangan dana  $5,000 segera terlampauai. Dalam tempo 24 jam, penggalangan itu berhasil mengumpulkan $67,000 sumbangan untuk Attar. Sampai berita ini ditulis, dana yang terkumpul mencapai $97,065.

Anak Attar berusia 9 dan 4 tahun. Mereka tinggal dalam “kondisi yang mengerikan” di Beirut, kata aktivis lokal, Carol Malaouf, yang pernah mendatangi ruma Attar.

Attar akan menggunaka dana yang terkumpul untuk sekolah anaknya dan membantu pengungsi lainya.

“Ia jatuh menangis dan tersentuh dengan apa yang terjadi,” kata Simonarsan menggambarkan reaksi Attar. “Saya tidak ingin uangnya, saya hanya ingin menyekolahkan anak saya dan menolong pengungsi lainya.”

Sejak 25 Agustus terdapat 1,1 juta pengungsi Suriah di Lebanon, dengan 70% dari mereka hidup dalam garis kemiskinan.
Ami/RT.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *