Satu Islam Untuk Semua

Monday, 27 February 2017

Kamar Mandi Masjid Istiqlal pun Dimodif Khusus untuk Raja Saudi


Sekilas Sejarah Pembangunan Masjid Istiqlal

Islamindonesia.id – Kamar Mandi Masjid Istiqlal pun Dimodifikasi Khusus untuk Raja Saudi

 

Masjid Istiqlal di Jakarta pun bersolek jelang kedatangan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz pada awal Maret 2017. Pasalnya, selain Istana, Gedung Parlemen Senayan, sang raja dijadwalkan mengunjungi masjid yang dibangun oleh Presiden Soekarno ini. Untuk itu, pihak kerajaan memesan kamar mandi dengan modifikasi khusus.

”Kamar mandi kita siapkan khusus sesuai standar yang ada di sana. Padahal tidak ada istimewanya, kamar mandi biasa yang dimodifikasi,” kata Kepala Bagian Humas dan Protokoler Masjid Istiqlal Abu Hurairah, seperti dilansir republika.co.id (25/2).

Abu menjelaskan, alasan kedokteran jadi faktor kamar mandi untuk Raja Salman dimodifikasi khusus. Tinggi untuk toilet harus 93 cm, dan memiliki pegangan khusus.

”Dari sisi kedokteran, harus ada cara khusus untuk duduk, dan juga pegangan khusus,” jelasnya.

Untuk memodifikasi toilet itu pun tidak bisa sembarang orang. Abu mengatakan banyak tukang bangunan yang tidak sanggup memenuhi permintaan pihak Masjid.

“Akhirnya, pihak Masjid memanggil tukang bangunan dari Hotel Rafles, Kuningan, Jakarta, yang juga memodifikasi toilet untuk kamar Raja Salman. Bahkan, orang yang mengerjakan toilet pun sama dengan yang mengerjakan di Hotel Rafles. Harus mencontoh kamar mandi yang ada di Hotel Rafles, karena di kamar mandi di Rafles juga dimodifikasi sesuai kebutuhan raja,” jelas Abu.

Selain kamar mandi, Lift khusus pun sengaja dibangun untuk menyambut kehadirannya. Protokoler Masjid Istiqlal, Abu Hurairah, menyebut pihak Istana Kepresidenan yang memerintahkan kepada pengurus masjid untuk membangun lift tersebut.

“Kami sudah siapin itu dari sebulan yang lalu. Kami sudah siapin sebaik mungkin. Ya karena dia juga sudah sepuh kan,” kata Abu Hurairah, Jumat (24/2).

Lift khusus tersebut dibangun di area pintu Al Maliq Masjid Istiqlal. Menurut Abu Hurairah, PT Waskita adalah perusahaan kontraktor yang ditunjuk pihak Istana mempersiapkan lift khusus untuk Raja Salman.

“Beban lift 1 ton. Jadi bisa muat 10-12 orang,” ungkapnya.[]

 

YS/ islamindonesia

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *