Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 19 March 2016

Kamala Khan – Superhero Muslim dari Marvel


image

Tahun ini, para pencinta film superhero dibanjiri tontonan menarik dari DC dan Marvel. Ada Deadpool di awal tahun ini, kemudian Civil War dan Superman VS Batman. Film-film ini pasti masuk movie of the year bagi para penggemarnya.

Ya, DC dan Marvel memang produsen film-film superhero yang punya tempat tersendiri di antara para penikmat film. Mereka memiliki segala jenis karakter superhero dengan berbagai kekuatan, berbagai kisah yang menarik dan tentu saja, banyak pula karakter musuh yang ditaklukkan oleh para superhero tersebut.

Namun ternyata, ada salah satu dari mereka yang merupakan superhero berkebangsaan Pakistan dan seorang Muslimah. Namanya adalah Kamala Khan, seorang gadis Pakistan yang tumbuh di New Jersey, Amerika Serikat.

Dia memiliki kekuatan untuk berubah bentuk dan diberi julukan Ms. Marvel. Dalam kehidupannya, dia tinggal dengan kakak dan ayahnya. Salah satu hal menarik dari kisahnya adalah kritiknya pada sang kakak karena menjalani kehidupan Islam yang terlalu ketat.

Khan pertama kali muncul dalam seri komik Marvel pada Februari 2013. Idenya muncul dari editor Marvel Sana Amanat, yang bercerita tentang masa kecilnya dan bagaimana dia tumbuh sebagai seorang Muslim di Amerika. Menurut Amanat, kisah ini timbul dari gairah untuk mengeksplorasi diaspora kehidupan Muslim dari perspektif yang otentik.

Walaupun begitu, cerita ini tidak sesak dengan ceramah-ceramah agama. Ia berisi narasi tentang bagaimana seorang anak tumbuh untuk berjuang dengan segala label yang menempel pada dirinya. Juga untuk menunjukkan bahwa seorang superhero wanita tidak perlu berpakaian minim, walaupun Ms. Marvel tidak menggunakan hijab.

Nantinya, Ms. Marvel akan menjadi salah satu kru dari tim superhero The Avengers. Ia akan muncul dalam seri yang menampilkan peperangan bernama “Secret Wars”. Jadi, Kamala Khan akan tumbuh dan menjadi tim penyelamat yang cukup mengejutkan karena umurnya yang masih muda dan ambisius.

Andi/Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *