Satu Islam Untuk Semua

Friday, 24 November 2017

Kaisar Jepang Menganugerahi Bintang Jasa Kepada Azyumardi Azra


jepang-augerasi-bintang-jasa-pada-cendikiawan-muslim-indonesia-2mv

Islamindonesia.id – Kaisar Jepang Menganugerahi Bintang Jasa Kepada Azyumardi Azra

 

 

Pemerintah Jepang menganugerahi bintang jasa kepada cendekiawan Muslim Indonesia, Azyumardi Azra. Guru besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah itu mendapat pengharagaan “The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star”.

Proses penyerahan bintang jasa tersebut dilakukan pada tanggal 7 November lalu di Tokyo. Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii kemudian menggelar resepsi penyerahan bintang jasa itu di Jakarta.

Dalam sambutanya saat resepsi tersebut, Ishii menuturkan dia sangat senang bisa merayakan penyerahan bintang jasa terhadap Azyumardi. Ia menyebut Azyumardi pantas menerima pengharagaan itu karena sejumlah jasanya bagi perkembangan hubungan Jepang dan Indonesia.

“Saya sangat gembira dapat merayakan penyerahan bintang jasa kali ini. Profesor Azyumardi telah lama meneliti Islam moderat. Beliau adalah salah satu tokoh Islam terbaik di Indonesia,” ucap Ishii di kediamaannya di bilangan Jakarta Selatan pada Kamis (23/11/2017).

Dia menuturkan Azyumardi telah memberikan pemahaman Islam yang benar pada warga Jepang. Mantan rektor UIN itu dinilai telah mendorong pengertian di antara masyarakat Islam di Indonesia dan masyarakat Jepang melalui proyek undangan bagi para guru pesantren atau kyai-kyai muda ke Jepang.

Sementara itu pada gilirannya, Azyumardi mengucapkan terima kasih kepada Jepang. Ia juga mengaku bangga karena berkat penganugerahan ini, Azyumardi bisa berjumpa dengan Kaisar Akihito dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. Penghargaan itu sendiri memamg diberikan langsung oleh Kaisar Akihito di Istana Kerajaan Jepang.

“Saya berterima kasih pada Kaisar Akihito dan Perdana Menteri Shinzo Abe yang telah memberikan sertifikatnya kepada saya. Suatu kehormatan bagi saya bisa bertemu langsung dengan Kaisar yang akan segera turun takhta,” ungkapnya.

 

 

Ys/ islamIndonesia/ sumber: Sindonews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *