Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 02 September 2014

Jutawan Terbanyak dari Negara-negara Arab


psu.edu

The Boston Consulting Group (BCG) merilis laporan bahwa jumlah penduduk kaya rupanya memadati negara-negara Arab. Bahkan, Qatar menduduki peringkat pertama dengan total penduduk kaya terbanyak di dunia. Laporan tersebut juga menulis mengenai proporsi rumah tangga jutawan sebesar 3,1 persen atau dalam setiap 1000 keluarga terdapat 31 keluarga jutawan dengan kekayaan pribadi minimal US$ 1 juta.

Qatar menjadi negara dengan jutawan terbanyak dengan 17,5 persen penduduk memiliki kekayaan pribadi minimal US$ 1 juta. Sementara Kuwait berada di posisi kelima dengan jumlah penduduk kaya sebanyak 9 persen, sementara Bahrain menduduki peringkat keenam dengan 5,9 persen. Oman dan UEA berada di peringkat kesepuluh dan kedua belas.

Bahkan Qatar mampu menduduki urutan keenam di dunia untuk peringkat rumah tangga dengan kekayaan melebihi US$ 100 juta. Kuwait berada di posisi ketujuh dan Bahrain di posisi ke-16. “Seperti di semua daerah, ekuitas merupakan penyumbang terkuat,” ujar Direktur Pelaksana The Boston Consulting Group, Markus Massi. Jumlah rumah tangga jutawan meningkat menjadi 16,3 juta pada 2013 dari 13,7 juta pada tahun 2012. AS memiliki rumah tangga jutawan sebanyak 7,1 juta serta 1,1 juta jutawan baru.

Arab Saudi juga merupakan negara Timur Tengah dengan aset rumah tangga tertinggi yaitu 51 persen di antara US$ 5-100 juta dan 7 persen di atas US$ 100 juta. Sementara, Uni Emirat Arab 51 persen dan 5 persen untuk kategori yang sama dan Kuwait memiliki 39 persen dan 3 persen juga untuk kategori yang sama.

Selain kekayaan penduduk dan peringkat rumah tangga, BCG juga merilis laporan mengenai kekayaan keuangan pihak swasta yang tumbuh 11,6 persen mencapai US$ 5,2 triliun pada tahun 2013. Kunci dari pertumbuhan tersebut adalah karena tingkat tabungan yang tinggi dan pertumbuhan PDB di negara-negara kaya minyak seperti Arab Saudi yang PDB-nya mencapai 13,4 persen, Kuwait 13,6 persen, dan UEA sebesar 12,8 persen.

Sementara penciptaan kekayaan terbesar terjadi di China dengan kenaikan rumah tangga kaya dari 1,5 juta pada tahun 2012menjadi 2,4juta rumah tangga pada tahun 2013. Sedangkan, rumah tangga kaya di Jepang menurun dari 1,5 juta menjadi 1,2 juta karena adanya penurunan nilai yen terhadap dollar. “Pertumbuhan kekayaan pribadi dipercepat di sebagian besar wilayah pada tahun 2013, meski bervariasi,” jelas Massi.

(Wahyu/Berbagai Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *