Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 08 February 2020

Juara Dunia UFC, Khabib Nurmagomedov, Mengatakan Hanya Nabi Muhammad yang Pantas Jadi Teladan


islamindonesia.id – Juara Dunia UFC, Khabib Nurmagomedov, Mengatakan Hanya Nabi Muhammad yang Pantas Jadi Teladan

Khabib Nurmagomedov, juara dunia Ultimate Fighting Championship (UFC) kelas Lightweight, yang sampai saat ini belum pernah terkalahkan sekalipun, mengatakan bahwa dirinya tidak layak untuk dijadikan teladan, melainkan hanya Nabi Muhammad sajalah yang paling pantas untuk diikuti.

Di dalam akun Instagramnya (7/2), Khabib mencurahkan ketidaknyamanannya ketika banyak penggemarnya yang terlalu mengagung-agungkan dirinya.

“(Akibat) negatif terbesar dalam popularitas yang saya temukan adalah ketika orang-orang berpikir atau menyebut Anda teladan untuk diikuti,” kata Khabib.

“Saya tidak seperti itu (teladan) dan tidak pernah ingin menjadi seperti itu. Saya seorang Muslim dan sebagai orang yang percaya pada agama kami, kami memiliki contoh untuk diikuti, dia adalah Rasulullah, Muhammad SAW,” tambahnya.

“Saya percaya bahwa baik saya, maupun petarung lainnya, ataupun selebriti secara umum, tidak berhak atas ini – menjadi teladan untuk diikuti. Saya bisa mengajar orang-orang di bidang seni bela diri, tetapi dalam nilai-nilai kehidupan kita semua membutuhkan tuntunan dan pengingat,” pungkasnya.

Khabib Nurmagomedov berasal dari Dagestan, Rusia. Dia adalah Muslim pertama yang berhasil memenangkan gelar juara dunia dalam ajang adu ketangkasan ilmu bela diri campuran UFC.

Setiap kali usai bertanding dan dinyatakan kemenangannya oleh wasit, Khabib selalu mengangkat tangannya untuk berdoa, setelah itu satu jari telunjuknya menunjuk ke langit. Kemudian dia segera bersujud syukur di tengah Octagon (ring untuk bertanding).

Bahkan karena saking seringnya mengucapkan kata, “Alhamdulillah,” belakangan, setelah kemenangan spektakulernya melawan Conor McGregor, kata ini menjadi populer di Amerika Serikat.

Dia juga menjadi sosok yang ikonik dalam memperkenalkan papakha, topi tradisional masyarakat Kaukasia yang tinggal di daerah Pegunungan Kaukasus.

Joe Roggan, salah satu komentator UFC, pernah mengatakan bahwa Khabib adalah tokoh besar dan pahlawan di Dunia Muslim.

PH/IslamIndonesia/Foto: Khabib Nurmagomedov/Instagram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *