Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 17 March 2016

Jokowi Tindak Lanjuti Rekomendasi KTT OKI


woman-holding-palestinian-flag

Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (16/3), menindaklanjuti sejumlah rekomendasi Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa Organisasi Kerjasama Islam (KTT LB OKI) pekan lalu. Untuk itu, Jokowi memanggil beberapa akademisi dan pakar politik internasional dari ormas Islam ke Istana Merdeka, Jakarta.

Para undangan akan diminta memberikan pandangan terkait langkah-langkah selanjutnya dalam merealisasikan rekomendasi OKI tersebut. Selain perwakilan NU dan Muhammadiyah, kalangan akademisi dan perwakilan Komisi I DPR RI juga ikut diundang dalam pertemuan tersebut.

Sejauh ini belum ada informasi lebih jauh tentang hasil pertemuan tersebut. Namun, sejumlah pihak berharap masalah yang akan dibahas berkisar pada kelanjutan dari komitmen Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

Pengamat sosial politik, Abdillah Toha, menjelaskan bahwa relevansi OKI hanya dapat dilihat jika organisasi negara-negara Islam itu dapat memperjuangkan kemerdekaan Palestina secara konkret dan melawan agresi Israel yang terus membangun pemukiman ilegal Yahudi di wilayah pendudukan Palestina.

 

AJ/Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *