Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 30 March 2014

Jepang Siap Sambut Turis Negeri Muslim


Turis Muslim yang berkunjung ke Jepang

Bagi Anda yang ingin berpergian ke Yokohama, Jepang, tidak perlu khawatir lagi untuk mendapatkan kenyamanan, termasuk kenyamanan dalam beribadah. Adalah pemerintah Jepang, lewat Yokohama Convention & Visitors Bureau (YCVB) kemarin, (28/03) mengumumkan sudah tersedianya situs Muslim Tourist Information yang bisa diakses dengan mudah melalui internet. Dengan menggunakan bahasa utama, bahasa Inggirs  situs  resmi Yokohama Visitors’ Guide mendapat respon yang positif dari umat Muslim di Asia Tenggara.

Situs yang sebetulnya sudah “dipublish” akhir tahun lalu  ini memungkinkan umat Muslim menikmati perjalanan mereka dan tinggal di Yokohama tanpa khawatir meskipun terdapat perbedaan dalam budaya dan praktik. Ia memperkenalkan tempat-tempat seperti fasilitas wisata, restoran, toko-toko halal dan masjid berdasarkan rekomendasi umat Muslim yang tinggal di Yokohama.

Dalam kuesioner mengenai situs web ini yang dilakukan pada umat Muslim di Asia Tenggara, lebih dari 90% mengatakan bahwa mereka mendapati informasi tentang “restoran,” “masjid,” dan “jadwal yang disarankan” bermanfaat.

Pada 2013, jumlah warga asing yang mengunjungi Jepang melampaui 10 juta orang. Menanggapi kenaikan baru-baru ini dalam jumlah wisatawan dari negara lain Asia, YCVB telah menyoroti pesona Yokohama melalui situs web dan brosur dalam bahasa Inggris, bahasa Tionghoa dan Korea.

Mulai 2013, YCVB memperkuat aktivitasnya untuk menarik wisatawan dari Asia Tenggara. Ia telah banyak mempublikasikan Yokohama sebagai kota wisata melalui cara-cara seperti mendirikan gerai di pameran pariwisata di negara-negara seperti Thailand dan Malaysia serta menerima perwakilan organisasi media dari negara-negara Asia Tenggara untuk mengantar mereka melihat-lihat Yokohama.

Sebagai bagian dari upaya menarik wisatawan Muslim, YCVB telah mengupayakan berbagai cara untuk membantu umat Muslim merasa lebih nyaman selama tinggal di Yokohama, termasuk menyelenggarakan sesi pelatihan bagi orang-orang yang terlibat dalam pariwisata di kota itu tentang bagaimana menerima wisatawan Muslim dan mendistribusikan brosur bagi wisatawan Muslim di pusat-pusat informasi wisatawan.

Yokohama adalah kota terbesar kedua di Jepang setelah Tokyo, yang berlokasi di dekat ibukota tersebut dengan populasi 3,7 juta jiwa. Sejak membuka diri kepada dunia 155 tahun yang lalu, kota ini dan pelabuhannya telah berkembang sebagai tujuan wisata dengan suasana eksotis. Kota ini, yang bersiap menjadi tuan rumah Olimpiade Tokyo 2020, berusaha meningkatkan dukungannya atas wisatawan asing sehingga banyak orang akan dapat merasa nyaman menikmati Yokohama. Kota ini berharap orang-orang di seluruh dunia akan memperhatikan upaya terus-menerusnya.

[bbs/ton/foto:istimewa]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *