Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 08 February 2020

Jelang Olimpiade Tokyo 2020, Jepang Siapkan Masjid Keliling untuk Sambut Muslim


islamindonesia.id – Jelang Olimpiade Tokyo 2020, Jepang Siapkan Masjid Keliling untuk Sambut Muslim

Kaum Muslim dunia tak perlu khawatir saat hadir di Olimpiade Tokyo 2020. Sulitnya mencari masjid untuk menunaikan ibadah salat sudah diantisipasi dengan masjid bergerak yang disediakan untuk ribuan atlet, ofisial, dan fans beragama Islam yang datang ke Tokyo, Jepang.

Masjid bergerak dengan ruang salat seluas 48 meter persegi itu dilengkapi arah kiblat dan keran air untuk berwudhu. Masjid dibangun menggunakan truk yang dimodifikasi, dan dapat diperlebar dalam hitungan detik.

Foto: Reuters

Yasu Project, organisasi di belakang ide penyedia Masjid bergerak itu. Mereka menyediakan tempat salat tersebut di luar venue selama Olimpiade 2020 yang berlangsung mulai 24 Juli hingga 9 Agustus.

“Saya ingin para atlet bersaing dengan motivasi terbaik mereka dan para suporter yang memberikan  dukungan. Itu sebabnya saya membuat ini,” kata kata CEO Yasu Project, Yasuharu Inoue.

Foto: Reuters

“Saya berharap ini membawa kesadaran bahwa ada banyak orang berbeda di dunia ini dan untuk mempromosikan Olimpiade dan Paralimpiade damai yang tidak diskriminatif,” papar Inoue, seperti diberitakan Reuters (5/2).

Panitia Olimpiade juga mempertimbangkan untuk menyediakan fasilitas yang sesuai untuk semua kelompok agama.

Tidak mudah menemukan Masjid

Topan Rizki Utraden, seorang warga Indonesia yang telah tinggal di Jepang selama 12 tahun, datang ke Masjid Bergerak itu untuk pertama kalinya.

Dia mengatakan, tidak mudah menemukan Masjid di sana. “Jika Anda berada di kota, itu tidak masalah,” katanya.

“Kadang-kadang saya salat di taman tetapi terkadang orang Jepang menatap saya seolah mereka bertanya, ‘apa yang kamu lakukan?’”

AM/IslamIndonesia/ Foto Fitur: Reuters

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *