Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 21 October 2017

Jelang Hari Santri, Ketua MPR: Ingat Pesan Mbah Hasyim, Pancasila Itu Kalimatun Sawa


islamindonesia.id – Jelang Hari Santri, Ketua MPR: Ingat Pesan Mbah Hasyim, Pancasila Itu Kalimatun Sawa

 

Menjelang peringatan Hari Santri 22 Oktober, Ketua MPR Zulkifli Hasan bersilaturrahmi ke Pondok Pesantren Tebuireng Jombang Jawa Timur pimpinan KH Shalahuddin Wahid, Sabtu (21/10/2017).

Kehadiran Zulkifli Hasan di Tebuireng dalam rangka menjadi pembicara Utama Seminar Aktualisasi Pemikiran Hasyim Asy’ari. Hadir menyambut Zulkifli Hasan KH Shalahuddin Wahid, Direktur Pusat Kajian Hasyim Asy’ari KH Tolchah Hasan, dan ratusan Kyai Alim Ulama perwakilan Pimpinan Ponpes se Jawa Timur.

Zulkifli Hasan menyebut pemikiran Kiai Hasyim Asy’ari sebagai landasan inspirasi meleburnya Islam dan Kebangsaan dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

“Karena itu siapapun yang masih mencoba mempertentangkan Islam dan Nasionalisme, silakan belajar lagi pemikiran Hadratus Syaikh KH Hasyim Asy’ari,” tegasnya.

Menurut Zulkifli Hasan, sejarah membuktikan bagaimana Resolusi Jihad Mbah Hasyim dengan Hubbul Wathan Minal Iman menginspirasi perjuangan mempertahankan kemerdekaan di seluruh Indonesia.

“Dengan pekik Takbir dan Merdeka, Bung Tomo menggelorakan semangat perlawanan 10 November. Santri di seluruh Indonesia bergerak melawan penjajah. Inspirasinya adalah Resolusi Jihad Mbah Hasyim,” terang Zulkifli.

Maka tugas generasi sekarang, menurut Zulkifli adalah meneladani pemikiran Mbah Hasyim dengan menjaga Pancasila sebagai Kalimatun Sawa’ (Kesepakatan bersama).

“Indonesia adalah negara ber-Tuhan yang menolak paham anti-Tuhan. Saatnya meneruskan perjuangan Mbah Hasyim dengan menjaga agama dan membela negara,” tutupnya.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *