Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 29 July 2018

Jamu Tetamu Muslim di Olimpiade 2020, Jepang Siapkan ‘Bus Mushalla’


Mobile-Mosques-Unveiled-for-Tokyo-Olympics

islamindonesia.id-Jamu Tetamu Muslim di Olimpiade 2020, Jepang Siapkan ‘Bus Mushalla’

 

Jepang mempersiapkan diri sebagai tuan rumah kompetisi olahraga terbesar di tingkat internasional Olimpiade 2020. Salah satunya mempersiapkan diri menyambut tamu dari negera-negara Muslim dengan memproduksi ‘bus mushalla.’

Perusahaan pengembang meluncurkan model bus mushalla itu pada 23 Juli di kota Toyota, Prefektur Aichi. Bus yang dapat memuat 50 orang salat berjamaah ini hasil modifikasi truk kontainer. Pengembang melebarkan dua sisi kontainer dengan menambah pendingin ruangan dan beberapa fasilitas lainnya.

Selain itu, pengembang juga berencana memasang aplikasi kompas  sehingga memudahkan jemaah mengetahui arah kiblat.  “Yang jelas, kami berharap dapat menyediakan tempat layak bagi para atlet dan pendukungnya untuk salat,” kata kepala proyek, Yasuharu Inoue, seperti dilansir Aboutislam.net, 24 Juli.

Dalam proses pembuatannya, pengembang berkonsultasi dengan para pelajar Muslim di Universitas Yamaguchi Jepang. Namun pada dasarnya, Jepang memahami, salat merupakan kewajiban harian bagi setiap Muslim yang telah mencapai usia balig.

“Kami berharap bus dapat disediakan di sentra-sentra Olimpiade dan Paralimpiade sebagai tanda  keramahan warga Jepang menyambut tamunya,” kata Presiden perusahaan, Tetsuro Akimoto.

Olimpiade Musim Panas ini akan berlangsung di Tokyo, 24 Juli hingga 9 Agustus 2020. Lebih daripada 50 negara berpenduduk Muslim atau ratusan atlet Muslim akan turut berpartisipasi dalam kompetisi itu.

 

 

 

YS/islamindonesia

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *