Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 24 October 2021

Jamin Keselamatan Jemaah Umrah dan Haji, RI Sinkronisasi PeduliLindungi-Tawakkalna Saudi


islamindonesia.id – Dalam upaya untuk lebih menjamin keselamatan dan kenyamanan jemaah umrah dan haji Indonesia di Tanah Suci, Konsul Jenderal Republik Indonesia di Jeddah, Eko Hartono, mengungkapkan pemerintah RI sedang mencoba melakukan sinkronisasi antara aplikasi PeduliLindungi dengan aplikasi Arab Saudi, Tawakkalna.

Sinkronisasi PeduliLindungi dan Tawakkalna ini, menurut Eko, menjadi salah satu hal teknis yang dibicarakan Kementerian Kesehatan RI dan Arab Saudi, terkait keberangkatan jamaah umrah dari Indonesia.

“Kedua aplikasi ini kan bisa memberitahukan kita, kepada publik, dan petugas, status kesehatan kita,” kata Eko dalam diskusi daring yang diadakan KPCPEN pada Kamis pekan ini.

Salah satu yang dapat dilihat di dua aplikasi tersebut adalah terkait status vaksinasi, apakah seseorang sudah mendapatkan vaksin Covid-19 lengkap atau baru satu kali.

“Tanpa ada status itu, tidak mungkin seseorang akan masuk ke Masjidil Haram, Masjid Nabawi, untuk melakukan ibadah umrah. Ini yang sedang disinkronkan oleh kedua belah pihak,” ungkap Eko.

Eko pun menegaskan, sampai ada kesepakatan dan pengaturan mengenai vaksin booster tersebut, maka jamaah asing belum bisa masuk.

“Yang paling penting sekarang adalah bagaimana petugas Arab Saudi itu bisa membaca sertifikat vaksin kita. Ini yang belum bisa,” kata Eko.

Dia melaporkan, mereka masih mencoba untuk membuat barcode yang dimiliki di PeduliLindungi agar bisa dibaca oleh petugas Saudi, namun sampai saat ini hal itu belum bisa dilakukan.

“Tanpa dibaca itu, tidak mungkin jamaah bisa masuk Masjidil Haram. Jadi itu yang sekarang sedang kita bahas,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Nur Arifin, Direktur Bina Haji dan Umroh Kementerian Agama dalam kesempatan yang sama.

Menurut Arifin, mereka sudah bekerja sama dengan Pusdatin Kemenkes dan PT Telkom soal kemungkinan pembukaan data sertifikat vaksinasi pada aplikasi PeduliLindungi, yang akan diintegrasikan dengan Tawakkalna.

EH/Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *