Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 21 June 2012

Jadi Kandidat Wali Kota Terbaik Dunia, Ini Kata Jokowi


Jokowi, Walikota Solo, Salah satu calon Gubernur DKI

Jakarta – Calon Gubernur DKI Jakarta yang juga Wali Kota Solo, Joko Widodo, bersyukur masuk dalam nominasi 25 Wali Kota Terbaik Dunia versi  City Mayors Foundation. “Saya hanya bisa bersyukur,” kata Jokowi, Rabu, 20 Juni 2012.

Jokowi mengaku tak pernah memikirkan sesuatu yang sifatnya penghargaan atau apa pun bentuknya selama menjalani tugas. “Saya hanya ingin terus bekerja melayani masyarakat. Kalau masyarakat menilai baik, silakan. Kalau masyarakat menilai buruk, silakan. Yang penting saya bekerja,” kata Jokowi.

Apakah masuk nominasi 25 wali kota terbaik merupakan nilai tambah untuk bersaing di ajang Pemilihan Gubernur DKI 2012? “Terserah masyarakat Jakarta yang menilai. Sekali lagi saya hanya ingin bekerja, mengabdi kepada rakyat,” katanya.

Sebelum masuk 25 besar, Jokowi tercatat dalam 70 besar nominasi wali kota terbaik di dunia versi The City Mayors Foundation, London, Inggris.

Jokowi masuk dalam lima besar kandidat wali kota terbaik yang mewakili Asia. Selain Jokowi, ada Wali Kota Tel Aviv (Israel) Ron Huldai, Wali Kota Angeles City (Philipina) Edgardo Pamintuan, Wali Kota Changwon City (Korea Selatan), dan Wali Kota Ankara (Turki) Melih Gokcek.

Dari Asia, finalis pesaing Jokowi berasal dari lima kategori wilayah lainnya. Antara lain, lima wali kota dari Amerika Utara, empat wali kota dari Amerika Latin, tujuh wali kota dari Eropa, dua wali kota dari Australasia, dan dua wali kota dari Afrika.

Yayasan ini mengundang masyarakat dunia untuk memberikan suara atau dukungan mereka dalam survei ini. Pilihan yang bisa diberikan langsung melalui laman worldmayor.com ini harus disertai dengan komentar mengapa mereka memilih kandidat tersebut. Dan panitia akan memilih pemenang utama dengan dua pemenang runner-up.

Dalam 70 besar kandidat wali kota terbaik dunia ini, selain Jokowi ada juga nama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo yang mewakili Indonesia. Mereka masuk dalam 17 nominator dari Asia.

The City Mayors Foundation adalah lembaga think tank internasional untuk pemerintah daerah yang berada di London, Inggris. Penghargaan ini telah diberikan sejak tahun 2004. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *