Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 13 March 2016

Israel Larang Menlu Indonesia Masuk Ramalla


Retno_Marsudi

Koran Haaretz pada Ahad 13 Maret memberitakan larangan rezim Israel atas Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi untuk memasuki Ibukota Otoritas Palestina, Ramalla, Tepi Barat. Alasannya, pejabat tertinggi Kemenlu itu menolak masuk ke Yerusalem dan bertemu dengan para pejabat Israel.

Sesuai rencana, Menlu Retno dijadwalkan berjumpa dengan Kepala Otoritas Palestina, Mahmud Abbas dan sejawatnya Menlu Palestina Riyad Al-Malki. Dalam kesempatan itu, Ibu Menlu juga direncanakan meresmikan kantor konsulat kehormatan Indonesia di Palestina.

Kebijakan sepihak Israel ini memperlihatkan arogansi dan upaya nyata untuk menghambat kerja diplomatik yang sedang dilakukan Menlu Retno untuk aktif mengupayakan perdamaian di Timur Tengah, terutama dalam kerangka dukungan Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina.

Aksi arogan Israel ini tampaknya merupakan reaksi atas kegigihan Kemenlu di bawah komando Retno untuk mempercepat proses perdamaian di Timur Tengah dan kemerdekaan Palestina.

Dalam pernyataannya terkait penyelenggaraan KTT OKI di Jakarta, Ibu Menlu mengungkapkan bahwa pihaknya bertekad menjadikan forum internasional tersebut untuk mengembalikan isu Palestina dan Al-Quds Al-Syarif ke “radar dunia”. Selain itu, Retno juga berharap dapat mengupayakan rekonsiliasi di antara Fatah dan Hamas.

 

AJ/Islam Indonesia

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *