Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 21 May 2015

‘Islam Mampu Mengawal Keutuhan Bangsa’


kemenag.go.id

Ajaran Islam yang sejak awal penyebarannya di Nusantara menggusung kedamaian, penuh kreativitas dan merangkul budaya lokal, kuasa mengawal Indonesia tetap damai dan mampu menangkal aksi-aksi intoleran yang mengancam kesatuan bangsa, kata menteri.

“Agama lama dan kepercayaan yang ada dilestarikan, kemudian dibersihkan dari unsur-unsur syirik,” kata Meteri Agama Lukman Hakim Saifudin merujuk pada sejarah penyebaran Islam di Nusantara.

Berbicara dalam sebuah seminar di Jakarta, Rabu, Lukman mencontohkan kearifan ulama dalam menggunakan wayang, yang notabene bagian dari budaya politheisme, untuk menyampaika pesan monotheisme Islam.

“Ini adalah sesuatu kreativitas yang luar biasa, sehingga seluruh lapisan masyarakat, mulai dari petani, pedagang hingga bangsawan, di-Islamkan melalui jalur ini.”

Menurut Lukman, efek penyebaran dengan jalur budaya ini menjadikan masyarakat masa itu merasa aman dengan hadirnya Islam. “Islam kala itu hadir tanpa mengancam tradisi, budaya dan posisi para penganut ajaran politheisme,” katanya.

MA/Kemenag.go.id

Comments are closed.