Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 12 July 2016

ISIS Mulai Mati Angin di Twitter, Kata Pentagon


beruang-isis.jpg.jpg

 

Islamindonesia.id–ISIS Mulai Mati Angin di Twitter, Kata Pentagon

Api propaganda kelompok militan ISIS di jagad Twitter meredup di tengah gencarnya kontra propaganda Amerika Serikat, kata Pentagon akhir pekan lalu. Data resmi yang dipublikasi The Associated Press menyebutkan, kontra propaganda itu sukses memangkas traffic akun pro-ISIS hingga 45 persen dalam dua tahun.
Menurut AP, operasi kontra propaganda itu berlatar keresahan pemerintahan Presiden Barack Obama pada ISIS yang piawai memanfaatkan Twitter untuk menyebar pesan-pesan ‘jihad’ serta merekrut dan mengorganisir pendukung dan serangan teror.
Laporan menyebut kontra propaganda itu mengambil bentuk penyebaran sejumlah meme yang dianggap jitu membongkar kedok kelompok yang mencaplok hampir separuh wilayah Suriah dan Irak itu.
Salah satu meme misalnya, menampilkan boneka beruang dengan pesan dalam tulisan Arab yang menyebut IS sebagai “pembantai anak-anak”, ” pembunuh orang tak berdosa” atau sebagai kelompok yang “mempermalukan kanak-kanak”. Meme lainnya menampilkan gambar seorang perempuan bercadar hitam dengan mata lebab, dan sebaris kalimat: ” Perempuan di bawah ISIS. Diperbudak. Disiksa. Dipukuli. Dipermalukan. Dipecut.”
Menurut pejabat Amerika, penurunan traffik percakapan ISIS di Twitter pertanda baik menuju penghapusan seluruh kanal propaganda ISIS.
Sejauh ini, Twitter menyebut telah mengambil langkah keras untuk meredam ISIS dengan menyensor 125.000 akun terkait ISIS sejak medio 2015.[]
RQ/IslamIndonesia/Sumber: TheAssociatedPress

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *