Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 09 August 2017

Iran Bertekad Tingkatkan Kerjasama Ekonomi dengan Indonesia


2535538

islamindonesia.id – Iran Bertekad Tingkatkan Kerjasama Ekonomi dengan Indonesia

 

Republik Islam Iran kembali menegaskan tekadnya meningkatkan kerjasama ekonomi dengan Indonesia. Tekad ini tercermin dari pertemuan Menteri Energi Iran Hamid Chitchian dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan beserta Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar di Tehran, Iran, 5 Agustus.

“Ekspor Indonesia ke Iran dua kali lebih banyak daripada ekspor Iran ke negara tersebut, sementara ground ditetapkan untuk menutupi defisit perdagangan yang ada,” kata Hamid Chitchian seperti dilansir news.moe.gov.ir dan dikutip islamtimes.org

Mengacu pada MoU mengenai listrik dan energi yang ditandatangani sebelumnya antara kedua negara dan kunjungan warga Indonesia ke Perusahaan Grup Mapna di Iran, menteri Iran menyuarakan kesiapan negaranya untuk pengembangan hubungan teknis dan ekonomi dengan Indonesia.

Seperti diketahui, Luhut mengunjungi Tehran untuk menghadiri pelantikan Hassan Rohani sebagai presiden Republik Islam Iran, serta membicarakan sejumlah agenda peningkatan kerja sama kedua negara dengan pejabat tinggi Iran

Menurut Luhut, Iran memiliki teknologi modern di seluruh dunia dan hubungan ekonomi kedua belah pihak dapat diperluas secara signifikan. Ia juga mengungkapkan bahwa sanksi tidak bisa menghentikan pembangunan Iran.

Luhut bilang, Indonesia sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi mencapai lima persen di Asia Tenggara dan kini  bersaing dengan India dan Cina, sedang giat meningkatkan hubungan ekonomi dan perdagangan dengan berbagai negara, terutama Iran.

Sebelumnya, Pertamina telah mengajukan proposal untuk dapat mengelola dua lapangan minyak Iran pada Februari 2017 lalu. Sekarang BUMN perminyakan Iran, National Iranian Oil Company (NIOC), masih melakukan evaluasi.

“Pertamina sudah selesai study dan mengajukan proposal, sekarang itu sedang diproses oleh NIOC. Kita tunggu respons NIOC. Sampai saat sekarang ada proses politik ya (baru selesai Pemilu), setelah ini baru agak tenang makanya kita ke sana juga,” tambah Arcandra

Menteri perminyakan Iran Bijan Namdar Zanganeh menilai hubungan negaranya dengan Indonesia di pasar minyak global sangat dekat dan konstruktif. “Perusahaan minyak dan gas pemerintah Indonesia menjalin hubungan dekat dengan perusahaan perminyakan nasional Iran di bidang jual beli dan juga pengembangan serta investasi ladang minyak,” ujar Zanganeh seperti dilansir media setempat.

 

YS/ Islam Indonesia

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *