Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 29 July 2017

Iran Berhasil Uji Coba Roket Pembawa Satelit yang Keempat


Simorgh rocket is launched and tested at the Imam Khomeini Space Centre, Iran, in this handout photo released by Tasnim News Agency on July 27, 2017. Tasnim News Agency/Handout via REUTERS

islamindonesia.id – Iran Berhasil Uji Coba Roket Pembawa Satelit yang Keempat

 

Republik Islam Iran berhasil menguji sebuah roket yang dapat mengantarkan satelit ke orbit. Keberhasilan uji coba roket Teheran itu diumumkan stasiun televisi pemerintah Iran pada hari Kamis waktu setempat.

”Pusat Antariksa Imam Khomeini dibuka secara resmi dengan uji coba peluncuran kendaraan antariksa Simorgh (Phoenix),” bunyi laporan stasiun televisi pemerintah Iran. ”Simorgh bisa menempatkan satelit dengan berat hingga 250kg (550 pon) di orbit sejauh 500 km (311 mil),”  kata laporan televisi Iran yang dilansir Reuters, 28/7.

Sementara itu, Amerika Serikat pada bulan ini menjatuhkan sanksi ekonomi baru terhadap Iran atas program rudal balistiknya. AS menuduh Teheran melakukan “kegiatan jahat” yang tidak sesuai dengan kesepakatan nuklir tahun 2015.

Langkah penjatuhan sanksi tersebut menjadi isyarat bahwa Presiden Donald Trump ingin memberi tekanan lebih besar pada Iran sambil mempertahankan kesepakatan nuklir antara Teheran dan enam negara kekuatan dunia, yang sebelumnya telah dia kecam sebagai “kesepakatan terburuk yang pernah ada”.

Pars Today melaporkan, Pusat Antariksa Nasional Imam Khomeini dibuka secara resmi pada Kamis (27/7) dan tidak lama setelah dioperasikan, langsung melakukan uji coba peluncuran roket pembawa satelit, Simorgh dengan sukses. Pusat Antariksa Nasional Imam Khomeini adalah pangkalan peluncuran satelit permanen Iran yang pertama dan merupakan sebuah kompleks besar yang memungkinkan dilakukannya seluruh tahap peluncuran mulai dari tahap persiapan, peluncuran, kontrol hingga pengarahan satelit.

Dari segi teknologi, pusat antariksa ini dirancang sesuai dengan standar dunia terkini. Kesuksesan Iran ini adalah lompatan di bidang peluncuran satelit ke luar angkasa. Beberapa tahun sebelumnya, Iran juga berhasil meluncurkan tiga satelit untuk keperluan riset, Nahid, Omid dan Rasad.

 

YS/ Islam Indonesia

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *