Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 21 May 2017

Inilah Tokoh Muslim Indonesia Paling Berpengaruh di Dunia Tahun 2017


Inilah Tokoh Muslim Indonesia Paling Berpengaruh di Dunia Tahun 2017

islamindonesia.id – Inilah Tokoh Muslim Indonesia Paling Berpengaruh di Dunia Tahun 2017

 

Mungkin belum banyak diketahui publik bahwa kiprah para tokoh Muslim di Indonesia masuk dalam sorotan dunia. Setiap tahun, selalu ada tokoh dari Indonesia yang masuk dalam daftar 50 teratas ‘Muslim Paling Berpengaruh di Dunia’ versi ‘The Muslim 500’. Yakni publikasi hasil riset tentang tokoh Muslim berpengaruh yang dilakukan Royal Islamic Strategic Studies Centre (RISSC) yang berkedudukan di Amman, Jordania. Riset yang dikenal dengan sebutan ‘The 500 Most Influential Muslim’ ini pertama kali dilakukan pada 2009. Periset The Muslim 500 menilai berdasarkan survei masyarakat terhadap tokoh Muslimnya di masing-masing negara.

Minggu (21/5/2017), The Muslim 500 kembali mempublikasikan hasil riset tersebut. Kali ini, dalam daftar 50 Muslim paling berpengaruh di dunia ada nama Presiden Joko Widodo yang menduduki posisi ke-13 dan nama Ketum PBNU Said Aqil Siroj yang masuk di urutan ke-20. Kiai Mustofa Bisri atau yang lebih akrab dipanggil Gus Mus dan Ahmad Syafii Maarif atau yang akrab disapa Buya Syafii masuk dalam daftar tokoh Muslim paling berpengaruh di bidang ilmu dan kesarjanaan Islam.

Gus Mus dan Buya

Sedangkan Ketua Dewan Pertimbangan MUI yang juga mantan Ketum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin masuk di urutan nomor 41. Berikutnya, ada nama Habib Luthfi Yahya, Ra’is ‘Amm dari Jam’iyyah Ahli Thariqah al-Mu’tabarah al-Nahdliyah (JATMAN) yang masuk di urutan ke-45. Dalam bidang filantrofi dan amal sosial, nama Haidar Bagir, pendiri sekaligus CEO Mizan Group, juga masuk dalam daftar.

Haidar Bagir di 500 Muslim

Sebagian besar tokoh Muslim di atas pada riset sebelumnya juga sudah masuk di daftar 50 teratas. Di riset tahun 2016, Jokowi menempati peringkat 11, Said Aqil 18, Din Syamsuddin 44 dan Habib Lutfhi nomor 48.

Adapun untuk peringkat teratas masih ditempati oleh Syekh Al Azhar Professor Dr Sheikh Ahmad Muhammad Al-Tayyeb. Dia ‘mengalahkan’ Raja Jordania Abdullah Hussein dan Raja Saudi Salman bin Abdulaziz. Sementara Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berada di peringkat ke-8.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *