Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 19 February 2014

Inilah Peninggalan dari Rasulullah yang akan Hilang di Mekkah


Makkah sudah berubah. Bangunan suci dihimpit gedung tinggi. Peninggalan bersejarah perlahan hilang tak tinggalkan jejak. 

Penduduk Makkah kini menyebut tempat mereka sebagai Las Vegas. Worldbulletin  menyebutkan bahwa pembangunan besar-besaran di tempat suci ini mendapat kecaman dari umat Islam seluruh dunia. Dan 10 tahun terakhir adalah masa perubahan Makkah menjadi kota megah.

Makkah yang penuh gurun berdebu perlahan berbenah diri untuk melayani umat Islam yang rindu pada tanah suci. Ibadah haji menjadi alasan untuk memenuhi Makkah dengan gedung pencakar langit, pusat perbelanjaan, dan hotel-hotel mewah.

Kerajaan Arab dinasti Saud menjadikan  Makkah sebagai visi tentang kota masa depan. “Emas hitam” didulang keuntungannya untuk membangun sebuah kota modern dan metropolis, demi sesuatu yang kelak dapat mereka sebut sebagai kebanggaan nasional.

Makkah dan Madinah adalah dua kota dari proyek mercusuar Kerajaan Saudi. Warga dari dua kota terkejut ketika melihat sejumlah bangunan suci mereka terinjak-injak dan terpinggirkan, digantikan dengan bangunan-bangunan beton yang sangat masif. Mereka takut peninggalan sejarah Islam di dua kota ini akan hilang. Para ulama selalu berkhutbah untuk menyadarkan bahwa proyek mercusuar di Makkah dan Madinah dapat menggerus situs arkeologi yang berharga.

Berikut lima tempat yang telah dan berubah menjadi gedung bertingkat,

1. Makam Nabi Muhammad

Pemerintah Arab Saudi bakal menghancurkan makam Nabi Muhammad. Pusara Rasulullah itu terletak di dalam masjid paling suci kedua setelah Masjid Al-Haram di Kota Makkah. Tujuannya untuk memperluas Masjid Nabawi.

Pembangunan masjid itu memang diperlukan, tapi rencana pemerintah Negeri Dua Kota Suci itu sungguh mencemaskan sebab perluasan bakal dilakukan di sebelah Barat, tempat makam Rasulullah bersama dua sahabatnya, Abu Bakar as-Shiddiq dan Umar bin Khattab. Rencana ini dinilai bakal membuat banyak pihak murka dan umat Islam bakal bergejolak.

2. Rumah Nabi Muhammad Jadi Perpustakaan

Dalam dua dekade terakhir, the Gulf Institute yang berpusat di Ibu Kota Washington D.C., Amerika Serikat, mencatat Riyadh telah melumatkan 95 persen dari seluruh bangunan berusia lebih dari seribu tahun di Mekkah dan Madinah. Perluasan Masjid Al-Haram juga mengundang protes dan kecaman pelbagai pihak. Di sekitar Kabah kini bermunculan pelbagai pusat belanja, hotel, dan gedung jangkung.

Di sana kini terdapat kompleks Jabal Umar, terdiri dari apartemen, hotel, dan menara jam tertinggi sejagat. Buat mewujudkan proyek ini, Saudi membuldoser benteng Ajyad dibangun di masa kekhalifahan Usmaniyah. Di kompleks ini ada rumah nabi kini berubah menjadi perpustakaan masjid.

3. Rumah SitI Khadijah Jadi Toilet

Perluasan Masjid Al-Haram, selain ada rumah nabi yang kini berubah jadi perpustakaan masjid, ternyata juga terdapat rumah Siti Khadijah, istri baginda Rasulullah. Lebih parah dari nasib rumah Nabi Muhammad SAW, bangunan didiamin Khadijah di masa lalu ini berubah jadi toilet.

Toilet mempunyai persamaan dengan ruang kecil dipakai untuk buang kotoran. Ini dianggap penghinaan atas istri Rasulullah itu.

4. Penghancuran Makam Keluarga Rasulullah

21 April 1925, pemakaman Jannatul Baqi tempat keluarga Nabi Muhammad dimakamkan dihancurkan oleh Raja Abdul Aziz bin Saudi dari Arab Saudi. Di sini terbaring Shafiah (bibi Rasulullah), Ibrahim, putra baginda nabi, dan masih banyak lagi, termasuk putra Umar bin Khattab, dan ibu Ali bin Abi Thalib, Fatimah binti Asad.

Saudi beralasan butuh banyak pengeluaran merawat dan merekonstruksi makam-makam itu sebab bangunannya sudah banyak yang rusak. Sangat boros membuang uang negara untuk memperbaiki kuburan. Tak berapa lama kemudian setelah memberikan alasan keuangan, pemerintah Saudi membangun hotel mewah dengan jam raksasa di atasnya di sekitaran Kabah.

5. Penghancuran Makam Imam Hasan bin Ali

Pada 1925, Raja Abdul Aziz bin Saudi menghancurkan makam Imam Hasan bin Ali terletak di kompleks pemakaman Jannatul Baqi. Kuburan Hasan yang terdiri dari bangunan putih, rata dengan tanah. Kejadian ini menimbulkan protes dari masyarakat Muslim dunia.

Imam Hasan bin Ali merupakan salah satu cucu Rasulullah. Beliau anak dari sepupu nabi, Ali bin Abi Thalib yang menikahi anak perempuan nabi, Fatima Az Zahra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *