Satu Islam Untuk Semua

Monday, 22 February 2016

Inilah Agenda Kunjungan Grand Syeikh Al-Azhar di Indonesia


inilah-agenda-kunjungan-grand-syekh-al-azhar-di-indonesia

Serangkaian agenda kunjungan Grand Syekh Al-Azhar pun tiba. Untuk pertama kalinya, Grand Syekh Al-Azhar berkunjung ke Indonesia. Sebagai sebuah lembaga yang mandiri, Al-Azhar merupakan rujukan utama dalam ilmu keagamaan dan urusan keislaman. Begitu pentingnya peran Al-Azhar ini, sekelas Menteri Agama Republik Indonesia menyambut kedatangan seorang Imam Besar Al-Azhar, Prof. Dr. Ahmad Al-Thayeb, Minggu malam di Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Grand Syekh Al-Azhar sekaligus sebagai pimpinan Majelis Hukama Al-Muslimin (Majelis Bijakawan Umat Islam) akan menyelenggarakan pertemuan di Jakarta dalam salah satu rangkaian acara.

Misi utama kunjungan ini adalah untuk menyampaikan pesan-pesan dan seruan perdamaian untuk umat manusia di seluruh dunia. Sebagai pilar penting dalam menyebarkan pemahaman Islam moderat, peran Al-Azhar tentu saja sangat diperlukan, terutama bagi Indonesia.

agenda-kunjungan-grand-al-azhar-di-indonesia

Agenda Kunjungan

Grand Syekh Al-Azhar bersama Majelis Hukama Al Muslimin akan berada di Indonesia dalam serangkaian acara.

Grand Syekh beserta rombongan pada Senin (22/02) akan bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Negara dan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Setelah itu, Grand Syekh juga akan mengadakan pertemuan dengan Majelis Hukama Al-Muslimin di Hotel Grand Hyatt.

Pada Selasa (23/02), Grand Syekh akan memberikan kuliah umum dan pertemuan dengan alumni Al-Azhar di Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Grand Syekh Al-Azhar akan menyampaikan pidato perdamaian dan kemanusiaan untuk dunia. Setelah itu, Grand Syekh Al-Azhar akan meninjau Pusat Studi Al-Quran pimpinan Prof. Dr. Quraish Shihab yang juga menjadi perwakilan Indonesia di Majelis Hukama Al-Muslimin. Setelah itu, rombongan akan bergeser ke Masjid Al-Azhar yang sebelumnya direncanakan di Masjid Istiqlal. Malam harinya, Grand Syekh akan mengadakan pertemuan dengan Wakil Presiden di Istana Wapres.

Grand Syekh Al-Azhar akan menerima penganugerahan gelar doktor kehormatan dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Penganugerahan ini akan diberikan dalam sidang senat terbuka pada Rabu (24/02) yang dijadwalkan akan dihadiri juga oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Aula UIN Malang.

Keesokan harinya, Grand Syekh akan menuju Ponorogo untuk mengadakan pertemuan dengan keluarga besar pondok modern Darussalam Gontor, sekaligus pembukaan perayaan 90 tahun pondok tersebut. Selain memberikan sambutan, Syekh Ahmad Al-Thayeb juga akan meresmikan gedung Pascasarjana Universitas Darussalam Gontor. Grand Syekh beserta rombongan dijadwalkan akan kembali ke Mesir pada Jumat pagi.

MH/sumber: Kemenag

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *