Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 02 July 2017

Ini Syarat Kerukunan Menurut Ketua Muhammadiyah Sul-Sel


Islamindonesia.id – Ini Syarat Kerukunan Menurut Ketua Muhammadiyah Sul-Sel

 

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan  Ambo Asse  mengemukakan syarat-syarat dalam Islam  yang perlu diperhatikan untuk mencapai kedamaian dan kerukunan. Syarat ajaran Islam tersebut,  pertama,  ta’aruf, saling mengenal. Kedua, tafahum  saling memahami yaitu upaya untuk memahami kekuatan dan kelemahan orang sehingga tercipta kedamaian. Ketiga, ta’awun,  Islam mengajarkan antar manusia saling memberi pertolongan,  yang kuat harus menolong yang lemah.

Syarat selanjutnya adalah  tasamuh,  toleransi. Ambo menjelaskan, tasamuh mengajarkan perbedaan keyakinan itu harus dipahami.  Terlebih ada ajaran Quran “Bagiku agamaku,  bagimu agamamu.”

“Kalau agama lain menyalah-nyalahkan agama kita,  biarlah, karena itu ajaran agamanya.  Ini supaya kita tidak usah saling bentrok. Inilah maksud lakuum diinukum walyadiin itu,”  kata Ambo dalam acara silaturahim Idul Fitri pada di halaman Pusat Dakwah Muhammadiyah Makassar, seperti dilansir portal resmi Muhammadiyah, 1 Juli.

Ambo tak lupa menegaskan makna substansial dari Surah Alhujurat Ayat 10 yang berbunyi,  “Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara”.  “Ayat inilah yang berusaha diimplementasikan pada pelaksanaan Syawalan hari ini.  Ayat ini juga harus mampu diimplementasikan dalam hidup bermasyarakat,” ungkap Ambo.

Guru Besar UIN Alauddin Makassar ini menjelaskan, Surah Alhujurat tersebut berpesan, dalam kehidupan tidak boleh ada saling berprasangka buruk,  saling curiga,  mencari-cari kesalahan,  juga menggunjing.

“Jika ini dipahami,  dihayati, dan diamalkan, akan tercipta kedamaian,  kerukunan.  Rukun dengan umat Islam yang lain,  juga seluruh warga bangsa, ” jelas Ambo.[]

 

YS/ islam Indonesia. Foto: rakyatku.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *