Satu Islam Untuk Semua

Monday, 20 February 2017

Ini Alasan Satpol PP Belum Turunkan Spanduk Aksi Bela Ulama


Ini Alasan Satpol PP Belum Turunkan Spanduk Aksi Bela Ulama

islamindonesia.id – Ini Alasan Satpol PP Belum Turunkan Spanduk Aksi Bela Ulama

 

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta, Jupan Royter, berkomentar tentang banyaknya spanduk bela ulama yang belum juga ditertibkan. Padahal perintah untuk menertibkan spanduk-spanduk itu sudah ada sejak Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Sumarsono masih menjabat sebagai Plt Gubernur DKI.

Jupan mengatakan, pihaknya melakukan langkah persuasif terlebih dahulu tiap kali melakukan penertiban spanduk.

“Kan kami selalu menggunakan pendekatan humanis dan persuasif. Tidak mungkin kami main hantam begitu saja. Supaya tidak ada gejolak,” kata Jupan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (20/2/2017).

Jupan mengatakan bisa saja Satpol PP langsung menurunkan spanduk-spanduk yang tidak berizin. Namun hal itu tidak akan mengedukasi masyarakat. Dia khawatir nantinya warga akan kembali sembarangan memasang spanduk.

Jupan ingin anggotanya mencari tahu terlebih dahulu siapa yang memasang spanduk-spanduk itu. Setelah itu, anggotanya akan memberi pemahaman bahwa memasang spanduk tidak boleh sembarangan.

“Kalau sekarang, kami cari siapa yang pasang, lalu kamu kasih kesadaran bahwa ini enggak bagus. Kan itu lebih elegan ya, itu yang mau kami edukasi ke masyarakat,” kata Jupan.

Jupan mengatakan, teknik seperti itu juga dilakukan dalam penertiban atribut kampanye. Dia mengatakan selama ini tidak ada yang memprotes langkah Satpol PP menurunkan atribut kampanye cagub dan cawagub DKI. Hal itu karena Satpol PP menggunakan pendekatan yang persuasif.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *