Satu Islam Untuk Semua

Friday, 23 August 2013

Ingrid Mattson: Sikap Toleran Jelas Lebih Baik


Sikap toleransi beragama akan menemukan bentuknya  jika interaksi dan keterlibatan antar kaum beragama  berjalan lebih aktif . Demikian pernyataan Prof Ingrid Mattson  kepada  Otago Daily Times pada  Kamis (22/8).

Profesor  studi Islam di University of Western Ontario , Kanada tersebut menyatakan soal itu saat kunjungannya Dunedin, Selandia Baru guna  memberikan kuliah  tahunan ke-10  di Universitas Otago  mengenai isu perdamaian

Dalam kesempatan itu, Prof Mattson  menyebut toleransi agama jelas lebih baik dibandingkan sikap intoleran namun itu hanya sebentuk komitmen minimal. Memang  menurutnya, hukum pun ditentukan dengan perlindungan minimum namun masyarakat kadang lupa  mempertimbangkan isu-isu moral yang lebih kompleks lagi.  Terlebih saat ini, dunia tengah menghadapi banyak masalah, termasuk perubahan iklim dan kesulitan ekonomi.

Mengaktifkan hubungan dengan orang-orang di luar agama kita,  merupakan salah satu cara untuk mencapai keyakinan bahwa keragaman  merupakan sesuatu hal yang sangat serta  akan lebih banyak menciptakan sudut pandang mengenai hidup.  Pendekatan ini bisa jadi ke depannya  akan menghasilkan ide-ide yang” belum terpikirkan sebelumnya”.

Menurut perempuan kelahiran Kanada ini, orang-orang yang bekerja dengan pihak-pihak yang berbeda agama dan memiliki tetangga agama lain  biasanya memiliki pandangan yang lebih positif. Memang,  dilakukannya hubungan antaragama tidak akan menyelesaikan setiap masalah, tetapi ada  manfaat yang besar di dalamnya, termasuk menciptakan “beberapa pemahaman”.

Kesadaran bahwa orang-orang dari keyakinan tertentu  juga  adalah bagian dari masyarakat yang lebih luas merupakan sesuatu hal yang sangat penting dalam sejarah manusia ” Karena itu saya sangat bangga diberi kesempatan untuk membahas soal  ini. Adalah suatu  kehormatan bagi diri saya untuk  ikut andil dalam serangkaian kuliah  di Otago, mengingat ini ” benar-benar penting dan menarik”,” ujarnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *