Satu Islam Untuk Semua

Monday, 15 July 2013

Inggris Akan Pamerkan Naskah Berusia 800 Tahun


Perpustakaan Kerajaan Inggris tengah menyiapkan peringatan ditetapkannya Magna Carta. Perjanjian hukum terkenal yang menjadi dasar hukum dan hak-hak sipil di Inggris dan kemudian diadopsi oleh Amerika, akan merayakan ulang tahunnya yang ke-800 pada 15 Juni 2015 mendatang.

Rencananya perpustakaan terbesar di Inggris itu akan mengumpulkan dan memamerkan keempat dokumen bersejarah asli yang masih tersisa di satu tempat dalam tiga hari.

Magna Carta adalah perjanjian yang ditandatangani oleh Raja John untuk memenuhi  tekanan para bangsawan Inggris yang merasa risih dan marah atas kekuasaan tak berbatas para  Raja Inggris kala itu. Untuk memudahkan sosialisasi, pihak kerajaan mengirimkan banyak salinan Magna Carta yang dibuat dengan tangan ke seluruh keuskupan dan kepala polisi di seluruh Inggris.

Namun kini, dari keseluruhan dokumen yang dikirim itu, hanya empat baskah Magna Carta yang masih bisa diselamatkan. Dua diantaranya tercatat sebagai koleksi Museum Inggris, satu di Lincoln Cathedral di Inggris tengah, dan satu lagi di Salisbury Cathedral di Inggris barat daya.

Di  acara pameran benda bersejarah tersebut,  nantinya para undangan khusus dan pakar-sejarah akan bisa menyaksikan keempat naskah asli Magna Carta itu yang ditulis dalam bahasa Latin di atas kulit kambing. Demikian pernyataan pers Museum Inggris yang dirilis pada Senin (15/7). 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *