Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 07 March 2017

Indonesia Siap Berbagi Pengalaman dengan Myanmar Soal Dialog Lintas Agama


Indonesia Siap Berbagi Pengalaman dengan Myanmar Soal Dialog Lintas Agama

islamindonesia.id – Indonesia Siap Berbagi Pengalaman dengan Myanmar Soal Dialog Lintas Agama

 

Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi mengatakan, Indonesia tidak akan berhenti membantu Myanmar dalam kasus Negara Bagian Rakhine, tetapi juga akan mulai mengembangkan sektor ekonomi serta dialog lintas-agama.

Tekait dialog lintas agama, Retno yang berbicara saat melakukan pernyataan pers bersama Penasihat Keamanan Nasional Myanmar U Thaung Tun menuturkan, Indonesia siap berbagai pengalaman dalam menyelesaikan konflik lintas agama melalui dialog.

“Dialog lintas-agama sangat berguna bagi pertumbuhan komunitas, karena kita bisa bekerja sama dengan umat agama dan etnis yang berbeda-beda. Itulah mengapa Indonesia sangat tertarik untuk berbagi pengalaman dengan Myanmar. Ini adalah bentuk diplomasi Indonesia untuk mempromosikan dialog lintas-agama di kawasan,” ucap Retno pada Senin (6/3/2017).

Sementara itu, U Thaung Tun pada gilirannya mengapresiasi apa yang sudah dilakukan Indonesia di Myanmar. Menurutnya, peran Indonesia dalam membantu masalah Rohingnya sangat terlihat jelas.

Dalam pertemuan tersebut, U Thaung Tun menyampaikan keinginan Myanmar untuk bergabung dengan Asosiasi Negara-Negara Lingkar Samudera Hindia (IORA). Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi menuturkan, keinginan Myanmar tersebut disambut baik dan sedang dilakukan upaya bersama.

“Beliau ingin gabung dengan IORA, besok dalam KTT sebagai negara pengamat. Beliau punya waktu untuk bicara. National Security Advisor akan menyampaikan keinginan untuk bergabung,” imbuh Retno.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *