Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 27 December 2014

Indonesia Paling Rukun & Toleran, Klaim Kalla


Umat beragama di Indonesia paling rukun, harmonis dan toleran di dunia, kata Wakil Presiden Jusuf Kalla, membanggakan apa yang dia gambarkan sebagai susutnya daerah konflik dalam beberapa tahun terakhir.

“Di dunia yang mayoritas penduduk Islam hanya di Indonesia merupakan negara yang paling rukun,” katanya saat bertandang ke Banda Aceh, Kamis.

Dia tak menyebut rujukan dan data pembanding atas klaim yang, menurut sebagian analis, relatif ‘fantastis’ itu.

Pasca Reformasi 1998, kedamaian di Indonesia terjun bebas ke dasar sumur seiring pecah dan berlarut-larutnya Perang Ambon, Perang Poso, Tragedi Pembantaian Orang Madura di Kalimantan, Perang Aceh dan tak terhitung konflik berdarah-darah dalam skala kecil di berbagai wilayah. Ribuan orang tewas dan jutaan lainnya jadi pengungsi.

Kedamaian belakangan kembali hadir di semua kawasan konflik itu meski pemerintah, hingga detik ini, masih gagal mengganti hak setiap warga yang tercerabut.

Pemerintah juga belum kuasa mendatangkan kedamaian dan mengembalikan hak ratusan orang yang, dalam beberapa tahun terakhir, terusir dari kampung halaman semata karena dianggap ‘sesat’. 

(AR/Liputan 6)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *