Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 03 November 2019

Indonesia Masuk Peringkat Lima Besar sebagai Negara yang Paling Ramah bagi Wanita Muslim


islamindonesia.id – Indonesia Masuk Peringkat Lima Besar sebagai Negara yang Paling Ramah bagi Wanita Muslim

Mastercard dan CrescentRating – sebuah lembaga internasional yang membuat peringkat kehalalan suatu tempat wisata – melakukan kerjasama untuk menilai negara mana yang paling ramah di dunia bagi turis wanita Muslim yang melakukan perjalanan sendirian.

Fitur-fitur utama yang dinilai adalah ketersediaan makanan halal; ruang salat khusus wanita; tempat-tempat umum yang dipisahkan berdasarkan jenis kelamin seperti spa, kolam renang, pantai, salon kecantikan; serta tingkat penerimaan masyarakat terhadap pemakaian jilbab di tempat umum.

Fitur lainnya yang dinilai adalah termasuk tur ke tempat-tempat bersejarah Islam, pengaturan sahur dan berbuka puasa di hotel selama bulan Ramadan, dan toilet bersih dengan ketersediaan air untuk melakukan wudhu.

Laporan tersebut dipublikasikan pada 17 Oktober, Mastercard-CrescentRating mengklaim bahwa mereka adalah yang pertama di dunia yang melakukan penilaian terhadap destinasi-destinasi wisata yang ramah bagi wanita Muslim.

Dalam proses pembuatan laporan tersebut, mereka melakukan survei terhadap 3.300 wanita Muslim yang sebagian besarnya berasal dari Asia Tenggara.

Laporan tersebut kemudian menentukan peringkat 10 negara di dunia yang paling ramah terhadap wanitap Muslim. Peringkat lima besar diduduki oleh Malaysia, Uni Emirat Arab, Turki, Indonesia, dan Jepang. Peringkat selengkapnya dapat dilihat dari diagram di bawah ini.

Laporan itu mengatakan bahwa wanita Muslim adalah salah satu segmen yang tumbuh paling cepat dalam pasar wisata global, karena itu berkaitan dengan peningkatan pendapatan, pendidikan yang lebih baik, dan peningkatan pemberdayaan demografis untuk bepergian bagi para wanita Muslim.

Secara umum, wanita Muslim melakukan antara dua hingga tiga perjalanan dalam setahun, sedikit di bawah setengah dari seluruh perjalanan yang dilakukan oleh Muslim, kata laporan itu.

Sekitar 30 persen dari 65 juta perjalanan yang dilakukan oleh wanita Muslim di dunia tahun lalu adalah perjalanan yang dilakukan sendirian, terutama oleh para wanita muda, kata laporan tersebut menambahkan.

Lebih dari setengah wanita Muslim menggunakan media sosial untuk mencari tahu tentang akomodasi, jadwal perjalanan, dan pilihan makanan sebelum bepergian, dengan 65 persennya memilih melakukan perjalanan secara independen, tanpa pemandu wisata.

Tujuan-tujuan utama mereka saat berlibur di antaranya adalah berbelanja, kegiatan budaya dan petualangan, festival-festival, dan mengunjungi spa.

PH/IslamIndonesia/Sumber: Business Insider/Foto Fitur: Lima selebgram Indonesia, yakni Asma Nadia (@asmanadia), Indah Nada Puspita (@indahnadapuspita), Rizky Amelia (@ameliaelle), Bella Almira (@bellmirs), dan Syifa Adinda Negara (@adindanegara) menjajal wisata ramah muslim di Korea, pada program 2018 Halal Restaurant Week Korea. (Dok. Asma Nadia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *