Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 28 May 2015

Indonesia-Iran Jalin Kerja Sama Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Air


IMG_1117.JPG

Indonesia dan Iran sepakat menjalin kerjasama dalam proyek pembangunan 48 turbin air skala kecil di berbagai provinsi di Indonesia, kata Menteri Energi Iran, Hamid Chitchian.

Kesepakatan itu terjalin saat Menteri Koordinator Perekonomi, Sofyan Djalil, melawat ke Tehran, guna menghadiri pertemuan delegasi ekonomi, awal pekan ini.

Menurut Sofyan, Indonesia berencana membangun 48 pembangkit hidro-elektrik dalam lima tahun ke depan dengan perkiraan daya listrik 1-10 megawatt/turbin.

Kunjungan Sofyan juga sekaligus berbarengan dengan penandatanganan memorandum kerja sama di bidang industri, investasi, perdagangan, dan perbankan.

Menteri Komunikasi dan Tekhnologi Iran, Mamoud Vaze’i, mengatakan kerja sama juga mencakup proyek di bidang perminyakan, gas, petrokimia, listrik dan industri mineral.

Pada Februari 2014, kedua negara menanda-tangani kesepakatan untuk membangun kilang minyak di Indonesia. Menurut Sofyan, kilang itu nantinya bisa mengurangi volume impor minyak mentah Indonesia yang kini mencapai 800.000-900.000 barrel per hari.

Andy/Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *