Satu Islam Untuk Semua

Monday, 10 November 2014

Indonesia Ciptakan Remot Kontrol untuk Kendaraan Tempur dan Senjata


Apa jadinya jika tank, panser, helicopter dan kendaraan tempur lainnya dikendali dari jarak jauh dan cukup dengan remote control atau joystick game? Tentu akan memudahkan pertempuran dan mengurangi resiko korban personil.

Itulah teknologi Remote Control Weapon Ssystem (RCWS), sebuah teknologi yang digunakan untuk mengendalikan berbagai macam senjata tempur ketika berada di medan laga dari jarak jauh.

PT. Infoglobal perusahaan dalam negeri yang bergerak dalam bidang teknologi elektronika dan informasi, mengaku sudah mampu menyediakan alat kontrol jarak jauh bagi senjata tempur yang akan digunakan militer.

Menurut perusahaan yang sudah beroprasi sejak 9 September 1992 itu, teknologi miliknya bisa mengurangi resiko personil militer jadi korban serangan saat berperang. Juga berfungsi mengendalikan senjata dari tempat yang lebih aman di dalam kendaraan tempur.

“Sistem kendali jarak jauh ini bisa membidik musuh yang telah dikunci sebagai target secara otomatis dengan sensor gerak”, Ujar Mochammad Syafiruddin, Kepala Riset dan Programming Infoglobal. Sedangkan jarak pandang sensor bisa mencapai hingga 3 kilometer dengan kecepatan gerak target maksimal di atas 100 km/jam, lanjutnya.

Perusahaan yang berpusat di Surabaya itu mengungkapkan, harga teknologi buatannya lebih murah dari buatan asing. Selama ini militer Indonesia banyak mencoba produk luar negri, dengan kisaran harga Rp. 9 miliar.

Rencananya, beberapa RCWS akan mulai diaplikasikan pada panser dan tank buatan Pindad milik TNI pada tahun 2015

(IslamIndonesia/IslamTimes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *